Ngeri, ATM BRI Jawa dan Bali Dipasangi Alat Bobol Rekening

Warga keluar dari Galeri e-Banking Bank Rakyat Indonesia di Kota Kediri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

VIVA – Ternyata, pembobol uang nasabah di rekening Bank Rakyat Indonesia, sudah beraksi sejak setahun lalu. Yang mengerikan, mereka sudah memasang ratusan lebih alat skimmer di mesin penarik uang tunai yang ada di Pulau Jawa dan Bali.

Polisi Tangkap ART yang Bobol ATM Majikan hingga Puluhan Juta

Menurut Kepala Unit IV Subdit Resmob dari Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKP Rovan Richard Mahenu, pembobolan itu dimulai dengan membuat alat untuk mendapatkan data nasabah BRI.

Alat itu berupa skimmer yang dipasang langsung di mesin-mesin ATM BRI. "Tersangka sejak bulan Juli 2017, membuat alat skimmer dan seperangkat alat pendukung lainnya," kata AKP Rovan, Jumat 16 Maret 2018.

Polda Sumut Bongkar Sindikat Pembobolan ATM Antar Provinsi, Bikin Rugi Rp 3 Miliar

Selain skimmer, pembobol juga memasang kamera tersembunyi di dekat mesin ATM. Dengan cara itu, mereka bisa dengan mudah mengakses rekening nasabah melalui kartu ATM yang sudah diisi data nasabah yang bakal dijadikan korban.

Baca: Misteri Raibnya Uang Nasabah BRI Terkuak, Pembobol Ditangkap

Waduh! Data 7,9 Juta Pengemudi Australia Dibobol

Sejumlah nasabah yang mendatangi kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) unit cabang Ngadiluwih, Kediri

Yang paling mengerikan, menurut Rovan, berdasarkan pengakuan pelaku, tak hanya satu atau dua alat saja yang dipasang di ATM BRI. Tetapi, diduga lebih dari ratusan alat.

Dan, alat itu telah terpasang di mesin ATM BRI yang ada di wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali.

"Kemudian, memasangnya di berbagai ATM di sekitar wilayah Bali, Bandung, Yogyakarta, Tangerang, dan Jakarta," kata dia.

Dalam mengungkap kasus ini, polisi sudah menangkap lima pelaku, empat di antaranya merupakan warga asing asal Rumania dan Hungaria.

Lima pembobol bank ditangkap, setelah polisi melakukan perburuan selama sepekan. Kelima pelaku ditangkap di sejumlah lokasi berbeda di Indonesia.

Kelimanya ditangkap di DE PARK Cluster Kayu Putih Blok AB 6 No.3, Serpong, Tangerang, Bohemia Vilage 1 No.57, Serpong Tangerang, Hotel Grand Serpong, Tangerang, dan Hotel De’ Max Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat.

Baca: Pembobol Uang Nasabah BRI Pakai ATM dan Kamera Rahasia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya