Arus Balik Liburan, 90 Ribu Kendaraan Masuk Tol Cikampek

Ilustrasi Kepadatan kendaraan di GT Cikarang Utama
Sumber :
  • Twitter TMC Polda Metro Jaya

VIVA – Jasa Marga memprediksi jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jakarta melalui gerbang tol Cikarang Utama pada puncak arus balik libur Paskah 2018 akan mencapai 90.000 kendaraan. Dalam kendaan normal jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 75.000 ribu kendaraan.

Polisi Sebut Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Ditangkap Saat Sembunyi di Rumah Kakaknya

Puncak arus balik libur Paskah ini diprediksi akan terjadi pada Minggu sore, 1 April 2018. Bakal terjadi peningkatan volume kendaraan sekitar 19,6 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

Pada Sabtu tanggal 31 Maret 2018, kendaraan arus balik ke arah Jakarta melalui GT Cikarang Utama tercatat sebanyak 72.900.  Sedangkan kendaraan arah Cikampek yang melalui GT Cikarang Utama terpantau 63.600 kendaraan atau naik sebesar 1,4 persen.

Tangan Diborgol, Pengemudi Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal Tertunduk Lesu di Kantor Polisi

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi perjalanan kembali ke Jakarta baik dari segi waktu maupun jalur alternatif yang dapat digunakan.
Diprediksi titik kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang akan terjadi adalah sebagai berikut :

1. Simpang Susun Dawuan karena adanya arus lalin dari Cipali dan Purbaleunyi.

Urai Peningkatan Arus Balik Lebaran, Contraflow Diberlakukan Kembali di Tol Japek

2. Rest Area Km 62.

3. Rest Area Km 52.

4. Km 47 karena adanya awal pekerjaan proyek Jakarta Cikampek II Elevated.

5. Rest Area Km 42.

6. GT Cikarang Utama.

Guna mengantisipasi kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, Jasa Marga akan melakukan sejumlah strategi, seperti:

1. Optimalisasi kapasitas lajur dengan melakukan rekayasa lalu lintas atau contraflow berdasarkan diskresi Kepolisian.

2. Pengalihan lalin ke GT Cikarang Barat 2 dan 4 serta pengalihan lalin ke jalan arteri alternatif jika diperlukan berdasarkan diskresi Kepolisian.

3. Peningkatan kapasitas transaksi di Gerbang Tol dengan mengoperasikan 29 gardu di GT Cikarang Utama arah Jakarta.

3. Penanganan kepadatan di rest area dengan melakukan pengaturan buka-tutup rest area Km 62, Km 52 dan Km 42 jika terjadi antrean kendaraan di rest area.

4. Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan tol untuk selalu mematuhi rambu-rambu, berkendara dengan tertib, memastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan serta selalu memastikan kecukupan saldo dan melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki tol. Untuk kenyamanan.

5. Jasa Marga juga mengingatkan agar pengendara memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan menyiapkan perbekalan yang cukup.

Antisipasi perjalanan melalui informasi kondisi lalu lintas terkini di jalan tol yang dapat diakses melalui :

Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080, atau Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas) dan @official_JSMR (untuk informasi umum lainnya) dan Instagram @official.jasamarga.

Juga melalui Aplikasi Mobile JMCARe yang dilengkapi fitur push notifications. Website http://www.jasamarga.com  atau dengan telp. 021 8413526 / ext.117/118 atau email corcomm@jasamarga.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya