Anies Bakal Ubah RPTRA Jadi Taman Pintar

Suasana di salah satu RPTRA di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal mengganti istilah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) menjadi Taman Maju Bersama dan Taman Pintar. 

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Hal itu mengemuka setelah Gubernur menyampaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2017 - 2022 setelah resmi dilantik. 

RPJMD tersebut akan resmi dimasukkan dalam Raperda yang telah disusun dalam berbagai program prioritas. "Karena itulah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengembangkan taman maju bersama dan taman pintar," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa, 3 April 2018. 

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Anies menyatakan, Jakarta perlu memperluas ruang terbuka hijau atau RTH. Selama 15 tahun terakhir ini, peningkatan RTH hanya satu persen dari jumlah ideal. 

Lantaran itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk melakukan beragam strategi lain. Di antaranya, penegakan insentif dan disinsentif pemanfaatan lahan, pengembalian fungsi jalur hijau di pinggir sungai melalui naturalisasi sungai, pelibatan swasta dan komunitas.  

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Anies menjelaskan, perbedaan RPTRA dari program pendahulunya dengan Taman Maju Bersama versinya. Menurut dia, istilah pengembangan RTH kali ini lebih mengedepankan ruang temu antarmasyarakat yang juga memiliki banyak fungsi. 

"Kami menginginkan agar semua yang disebut sebagai taman itu orientasinya park bukan garden. Jadi harapannya akan bisa meningkatkan interaksi antarwarga," kata Anies. (ase)

Anies Baswedan saat Acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

Partai Nasdem, akan memprioritaskan Anies Baswedan jika dia bersedia maju di Pilkada Jakarta, yang akan digelar November 2024. Setelah Anies, ada nama Ahmad Sahroni juga.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024