Fakta di Balik Kematian Sastrawan Danarto

Danarto
Sumber :

VIVA – Pihak Polres Tangerang masih melakukan penyelidikan mengenai kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sastrawan Danarto. Dalam kecelakaan ini, Danarto tewas saat menjalani perawatan usai ditabrak pengendara sepeda motor bernama Surya Lesmana.

Sastrawan Yudhistira ANM Massardi, Ayah dari Iga Massardi Meninggal Dunia

Kanit Laka Lantas Polres Tangerang Selatan, Ipda Yoga mengatakan, dari keterangan saksi di lokasi kejadian ternyata Danarto sempat dilarang menyebrang. Namun, imbauan tersebut diacuhkan sehingga Danarto tertabrak.

"Saya masih belum berani menyebut yang lalai siapa. Cuma kalau dugaan sementara kami posisinya yang lemah Pak Danarto. Ada salah satu saksi memperingati jangan nyebrang di situ tapi masih tetap ngeyel nyebrang," ujar Yoga kepada VIVA, Rabu 11 April 2018.

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

Pada saat itu, kata Yoga, Danarto sempat menghindari satu pengemudi sepeda motor. Namun nahas Danarto tidak bisa menghindar saat pengemudi Surya Lesmana yang mengemudikan motor Yamaha Mio melaju kencang.

"Begitu dia nyebrang motor satu lewat nah motor belakangnya ini yang kena. Satu motor bisa menghindar dan motor keduanya. Dugaan sementara posisi yang lemahnya malah almarhum," ujarnya.

Sastrawan dan Sosiolog Ignas Kleden Meninggal Dunia

Meski demikian, ia menuturkan pihaknya belum menyimpulkan siapa yang lalai dalam peristiwa ini. Saat ini, sudah dua orang saksi diperiksa dan akan berlanjut pada saksi lainnya.

"Nanti kita akan cocokan dan sinkronkan temuan di tempat kejadian perkara. Setelah itu baru nanti kita putuskan," katanya.

Nantinya, jika dalam penyelidikan terbukti kalau Danarto yang lemah maka kasus ini terpaksa dihentikan. Namun, jika terbukti pengemudi sepeda motor dianggap lalai maka akan dinaikan ke tahap penyidikan dan ditetapkan tersangka.

"Sementara kita masih belum bisa menyimpulkan takut salah. Kita masih mengumpulkan saksi lagi sama nanti akan olah TKP. Pengendara sepeda motornya masih luka-luka juga. Kita obatin dulu di Polres. Sementara barang bukti dan saksi masih di Polres," ujarnya.

Mengenai apakah lokasi kecelakaan tersebut ada rambu larangan menyebrang, dia belum dapat memastikan. Yang pasti, lokasi tersebut adalah jalan nasional.

"Makanya nanti kita lihat dulu di TKP. Tapi kalau dilihat di situ memang jalur nasional. Situasi cukup ramai dan terlebih dari keterangan saksi sudah diperingatkan tapi ngeyel nyebrang," katanya.

Sebelumnya, Sastrawan Danarto meninggal dunia setelah tertabrak pengendara sepeda motor Yamaha Mio bernama Surya Lesmana di Jalan Ir H Juanda, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa 10 April 2018.

Meski sempat dilarikan ke Rumah Sakit, namun sekira pukul 21.00 WIB, dia menghembuskan nafas terakhir di RS Fatmawati. Kejadian itu terjadi sekira pukul 13.30 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya