Begini Evaluasi Kepolisian di Hari Kedua Ganjil Genap di Tol

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa.
Sumber :
  • VIVA.coi.id/M Ali Wafa

VIVA – Memasuki hari kedua uji coba sistem ganjil genap di kawasan Tol Tangerang dan Tol Cibubur, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri, Irjen Royke Lumowa nilai ada beberapa hal yang perlu dievaluasi.

Daftar Jalan Tol yang Kena Ganjil Genap Nataru per 20 Desember 2021

“Ada beberapa hal yang jadi fokus kita pada hari kedua ini, seperti harus diperbaiki adalah durasi trafic light Tomang dan pintu keluar Rumah Sakit Dharmais. Ini perlu kami evaluasi karena jumlah volume kendaraan mengalami peningkatan,” katanya saat meninjau kebijakan tersebut di pintu Tol Cibubur 2, Selasa 17 April 2018.

Evaluasi itu, kata Royke, perlu dilakukan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kebijakan ganjil genap di jalan bebas hambatan (Tol). Sebab dari hasil pantauan tadi pagi, laju kendaraan di Tol Karang tengah menuju Tomang masih tersendat, “Segera ini akan kami evaluasi bersama BPTJ,”  ujarnya.

Pasar Tomang Dibuka Lagi, Ganjil Genap Tak Diberlakukan

Petugas mengawasi penerapan sistem ganjil genap di depan gerbang Tol Cibubur II

Dan berdasarkan pengamatan pihaknya, kelancaran arus lalu lintas masih jauh lebih baik di kawasan Tol Jagorawi. Hal ini pun ditunjukan dari data yang ada dengan warna lampu hijau.

Salat Jumat 1 Gelombang, MUI Tangerang: Jika Penuh Gunakan Gedung Lain

“Iya walaupun sudah ada pengurangan kendaraan di dua pintu tol yakni Tangerang 2 dan Kunciran dan pembantasan truk, masih lebih bagus Tol Jagorawi,” katanya.

Meski demikian, Royke mengaku pelaksanaan uji coba penerapan ganjil genap di tiga gerbang tol yakni Tangerang 2, Kunciran dan Cibubur 2 pada hari ini jauh lebih baik dari kemarin.

Untuk diketahui, kebijakan ini berlaku dari pukul 06.00 WIB dan pukul 09.00 WIB, Senin hingga Jumat, dan tidak berlaku pada hari libur. Aturan ini dibuat untuk mengurangi kemacetan tol dalam kota dan jelang persiapan Asian Games 2018.

Dua underpass baru saja dibuka, yaitu di kawasan Mampang dan Matraman. Bagaimana reaksi masyarakat? Apakah berguna atau bikin sengsara? Lihat dalam Suara Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya