Gubernur Anies ke Maroko, Cari Konsep Membangun Kota

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan
Sumber :
  • instagram @aniesbaswedan

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memenuhi undangan Wali Kota Casablanca, Maroko, Abdelaziz El Omari untuk berpartisipasi pada Forum 'The Third Edition of Smart Cities African Casablanca 2018'.

Ketua KPU Bilang Saksi Amin Tak Berkualitas, PKB Beri Sindiran Menohok!

"Jakarta dan Casablanca adalah sister city," kata Anies dikutip dari akun Instagramnya.

Menurut Anies, dalam penataan pembangunan, sudah saatnya Jakarta menjalankan program seperti di kota-kota besar dunia, yaitu meningkatkan peran pemerintah kota dan peran warga menjadi kolaborator serta co-creator.

Menko Muhadjir: Kalau Orang Bilang 100 Persen Netral, Itu Pasti Bohong

"Esensinya, membawa kota yang tadinya hanya melayani publik menjadi kota yang melibatkan kolaborasi warga. Dari City 2.0 menjadi City 4.0. Ini dimungkinkan dengan kemajuan teknologi, di sinilah peran smart city sangat penting," kata Anies lagi.   

Dalam kunjungan kerja ini, Anies juga mampir ke kantor Wali Kota Casablanca, Abdelaziz El Omari. Mereka berdiskusi banyak hal, mulai dari populasi, program smart city, taman kota, hingga soal pengelolaan tempat ibadah.

Debat BW vs Fahri Bachmid, Ketua MK: Kalau Mau Bicara Semua, Keluar Saja

"Perjumpaan kami baru pertama, tetapi rasanya seperti reuni dua teman lama. Suasananya santai dan penuh guyonan," ujar Anies.

Ikut mendampingi adalah Mohammed Najib Ammor, Utusan Raja untuk Wilayah Casablanca dan Mustapha Bakkoury, ketua Counsil Casablanca. Dari pertemuan ini, akan mewujudkan rencana membangun kerja sama yang lebih erat, meningkatkan hubungan menjadi persahabatan antara dua kota.

"Sebagaimana dahulu, persahabatan pendiri Republik Indonesia dengan generasi awal Kerajaan Maroko," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya