Ratapan Ibu Korban Tewas Bagi-bagi Sembako di Monas

Ibu korban tewas bagi-bagi sembako di Monas
Sumber :
  • Reza Fajri/VIVA

VIVA – Kokom, ibu dari Rizki Saputra, korban meninggal dunia usai kegiatan di Monas Jakarta Pusat pada Sabtu 28 April 2018 lalu masih emosional menghadapi kematian anaknya. Sambil terisak, dia menuturkan cerita saat dia dan anaknya ikut kegiatan bagi-bagi sembako yang diadakan oleh Forum Untukmu Indonesia.

Warga Jatuh Bangun Berebut Sembako Bantuan dari Presiden Jokowi

Kokom mengaku mendapatkan kupon pembagian itu dari seorang warga di kawasan Pademangan, Jakarta Utara. Berbekal kupon itu, dia dan Rizki berangkat dengan bus bersama warga lain ke Monas.

Di Monas, Kokom menggambarkan suasana pembagian yang sangat ramai. Saat antrean, terjadi dorong-dorongan yang membuat Rizki terjatuh dan terinjak.

Ban Pecah, Pesawat Pembawa Sembako di Papua Tergelincir

"Enggak didorong dari belakang saja, dari depan pun didorong. Anak saya didorong dari belakang enggak jatuh, dari depan (didorong) langsung begini jatuh, kakinya keinjak (jadi) biru. Sudah begitu saya dorong lagi yang depan, takut nginjak lagi kan," kata Kokom ketika ditemui VIVA di kontrakannya di Pademangan Barat, Jakarta Utara, Selasa 1 Mei 2018.

Kokom menuturkan anaknya juga sempat muntah-muntah, kejang dan juga pingsan. Dalam kondisi itu, Kokom mengaku sulit mendapatkan pertolongan dari orang-orang sekitar.

Pembunuh Nenek Penjual Sembako Ditangkap, Ternyata Tetangganya

"Lima orang sudah saya tanya, 'maaf bu saya mau ke sini dulu'. Ya Allah enggak mau nolong, tega bener ya sama gue ya," ujar dia.

Rizki akhirnya mendapatkan pertolongan dan dia dibawa ke bagian kesehatan di lokasi. Namun karena kondisi Rizki semakin parah kondisinya, korban kemudian dibawa ke Rumah Sakit Tarakan.

Di RS Tarakan, Rizki mendapat sejumlah penanganan, termasuk infus. Meskipun Rizki sempat sadar namun nyawa Rizki tak tertolong lagi dan meninggal dunia pada Minggu dini harinya. "Bertahannya sampai pagi, baru meninggal," kata Kokom.

Selain Rizki, satu korban meninggal lain diketahui bernama Muhammad Mahesa Junaidi. Namun keluarga Mahesa yang tinggal tak jauh dari rumah Rizki enggan memberikan keterangan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya