Gunung Salak Bogor Diguncang Gempa

Suasana di Gunung Salak
Sumber :
  • ANTARA/TNI AU

VIVA – Gempa bumi mengguncang Gunung Salak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG menyebutkan, magnitude gempa berskala richter, 3,3.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Hasil analisa BMKG, gempa terjadi pukul 18.11.16 WIB, Rabu 2 Mei 2018. Terjadi di koordinat episenter pada 6,80 Lintang Selatan dan 106,68 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 27 km arah barat daya Kota Bogor, Jawa Barat, pada kedalaman 14 kilometer.

Menurut Kepala Balai Besar MKG Wil II Tangsel, Joko Siswanto, dampak gempa yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa berupa guncangan lemah di sekitar Gunung Salak, Bogor

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Berdasarkan laporan masyarakat gempa bumi dirasakan di daerah Gunung Salak, Bogor dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi dengan kedalaman dangkal akibat sesar lokal," kata Joko dalam keterangan resmi BMKG yang diterima VIVA.

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI yang jadi Korban Gempa 7,4 SR di Taiwan

Hingga saat ini, dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).  Kepada masyarakat di sekitar wilayah Gunung Salak, Bogor, diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024