Tidak Ada Gempa Susulan di Wilayah Gunung Salak Bogor

Suasana di Gunung Salak
Sumber :
  • ANTARA/TNI AU

VIVA - Wilayah Gunung Salak, Bogor, diguncang gempa bumi tektonik, Rabu 2 Mei 2018, pukul 18.11.16 WIB. Hasil analisis Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika, menunjukkan bahwa gempabumi yang terjadi memiliki kekuatan M 3,3.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Sedangkan episenter, terletak pada koordinat 6,80 LS dan 106,68 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 27 kilometer arah barat daya Kota Bogor pada kedalaman 14 km.

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menuturkan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di sekitar Gunung Salak, Bogor, dalam skala intensitas II MMI.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

"Banyak warga sekitar Gunung Salak yang merasakan guncangan gempa ini. Namun demikian, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi yang terjadi," kata Daryono dalam keterangannya.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, lanjut Daryono, tampak bahwa gempa ini merupakan gempa dangkal akibat sesar lokal. Jika ditinjau lokasi episenter gempa ini berada di zona sesar Citarik.

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI yang jadi Korban Gempa 7,4 SR di Taiwan

"Namun demikian, untuk memastikan sumber gempa pembangkit gempa ini perlu ada kajian lebih lanjut," ujar Daryono.

Daryono mengatakan hingga saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat di sekitar wilayah Gunung Salak, Bogor diimbau agar tetap tenang.

Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024