Atasi Penumpukan Penumpang KRL, Tarif Kereta Bandara Rp3.000

Suasana di Stasiun Tangerang, Jumat, 4 Mei 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Kementerian Perhubungan menerapkan tarif kereta bandara dengan rute Stasiun Batu Ceper menuju Stasiun Sudirman Baru dan sebaliknya, seharga Rp3.000. Hal tersebut diberlakukan untuk mengatasi penumpukan penumpang kereta rel listrik rute Stasiun Tangerang-Duri.

PT KCI Borong 3 Rangkaian KRL dari China untuk Armada Jabodetabek

"Kami terapkan ini sebagai solusi sementara, untuk selanjutnya masih akan kami kaji baik itu nantinya penambahan gerbong ataupun rangkaian. Solusi ini kurang lebih akan berjalan selama satu bulan," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Tangerang, Jumat, 4 Mei 2018.

Kepadatan penumpang semakin terjadi setelah ada pengurangan jadwal kereta, dengan rute Stasiun Tangerang-Duri dari 90 menjadi 80 perjalanan. Pengurangan jadwal itu untuk memudahkan rute kereta Bandara Soekarno Hatta.

Malam Tahun Baru, KRL Commuter Line Beroperasi hingga Pukul 03.00 WIB

"Kalau tarif kereta yang tadinya Rp35 ribu sekarang kami terapkan Rp3 ribu saja untuk jam kerja dan hanya dua stasiun saja," ujar Budi.

Direktur Utama PT Railink, Heru Kuswanto mengatakan, adanya tarif Rp3.000 tersebut bukan sebagai alternatif mengurangi kepadatan Stasiun Tangerang-Duri.  Namun sebagai bentuk sosialisasi transportasi terbaru dari Bandara Soekarno Hatta.

Nasib Pembangunan Jalur KRL Commuter Line ke Karawang, Begini Kata Kemenhub

"Ini bentuk sosialisasi dari Railink untuk memperkenalkan kereta bandara. Lalu, kalau dikatakan Tangerang-Duri padat karena kereta bandara itu tidak ada karena selama ini pun sudah padat," katanya.

Untuk tiket dengan harga Rp3 ribu tersebut, pihaknya menyediakan 4.000 tiket bagi para pengguna. Pembelian tiket tersebut tidak berbeda dengan pembelian tiket kereta bandara, yakni menggunakan transaksi uang elektronik, kartu debit atau kredit. 
 

Illustration of Indonesian train (KRL).

KAI Buys Chinese Three Trains for Jabodetabek's Fleet

KAI Buys Chinese Three Trains for Jabodetabek's Fleet.

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2024