Rekayasa Lalu Lintas Aksi Bela Palestina 115

Massa memadati kawasan Monas saat Aksi Bela Palestina di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Ribuan peserta aksi 115 bela Palestina sudah mulai memadati area Masjid Istiqlal Jakarta sejak pagi ini. Aksi yang dilakukan antara lain oleh elemen persaudaraan Alumni 212 itu, akan dilakukan hingga Salat Jumat berjamaah pada siang nanti. 

Wagub Riza Minta Reuni Alumni 212 Ditunda, Ini Alasannya

Kepolisian telah meyiapkan serangkaian penutupan dan pengalihan arus lalu lintas yang akan diberlakukan di daerah yang dilalui aksi ini. Bahkan, ribuan aparat gabungan sudah disiagakan sejak pukul 3.00 dini hari tadi. 

"Unsur dari Polda Metro Jaya dan Pasukan BKO Kodam Jaya sudah masuk di kedudukan pada pukul 03.00 WIB," ujar Kabakops Polrestro Jakarta Pusat AKBP Jeffry dikutip dari keterangan resminya, Jumat 11 Mei 2018. 

Mirip Topi Penyihir, Ini Sejarah dan Fungsi Utama Traffic Cone

Dia menjelaskan, ada lima skenario penutupan atau pengalihan arus lalu lintas terkait adanya aksi 115. Berikut skenarionya:

1. Jalan Merdeka Barat (Depan Kantor Indosat/Patung kuda) menuju Harmoni ditutup.
2. Jalan Merdeka Selatan ditutup.
3. Jalan Merdeka Utara menuju Istana negara ditutup water barrier. Namun untuk personel Mabesad diizinkan yang akan menuju Mabesad diizinkan untuk melintas.
4. Jalan Veteran belok kiri menuju arah Harmoni ditutup water barrier. Namun untuk personel Mabesad diizinkan yang akan menuju Mabesad diizinkan untuk melintas.
5. Jalan Majapahit menuju ke Jalan Merdeka Barat ditutup.

Tolak Izin Reuni 212, Pengelola Monas: Sesuai Arahan Gubernur

"Untuk ruas jalan lainnya sementara tetap dibuka dan akan ditutup/dialihkan melihat situasi dan kondisi di lapangan saat itu." (mus)
 

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Reuni Alumni 212 di Masjid Az-Zikra, Wagub DKI Puji Sikap Panitia

Sebelumnya, panitia mengajukan izin menggelar kegiatan Reuni Alumni 212 di Patung Kuda dan Monas. Namun dibatalkan karena masih pandemi.

img_title
VIVA.co.id
30 November 2021