Anies Serukan Khotib Jumat Doakan Kemerdekaan Palestina

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menghadiri Aksi 115
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meminta agar para khatib Jumat di Ibu Kota turut mendoakan kemerdekaan Palestina. Anies ingin agar kesadaran untuk melawan penjajahan di Palestina dapat disadari oleh setiap orang.

Anies Ubah 22 Nama Jalan di DKI Jadi Nama Tokoh Betawi, Ini Daftarnya

"Jangan hanya sebagian dari masyarakat yang merasa bahwa masih ada penjajahan (di Palestina)," kata Anies usai Salat Jumat bersama masa aksi 115 di lapangan Monas, Jakarta Pusat. Jumat 11 Mei 2018

Menurut Anies, bangsa Indonesia menginginkan agar kemerdekaan dapat hadir di bumi Palestina. Karena hal tersebut sesuai dengan amanat konstitusi bangsa Indonesia. Yakni menghapuskan penjajahan di atas dunia.

Anies Lagi Bahagia, Sang Istri Ulang Tahun dan Anak Lulus Kuliah di UI

Di sisi lain, Palestina mendukung kemerdekaan Indonesia sebelum Indonesia memproklamirkan dan Indonesia sudah 73 tahun merdeka bangsa Indonesia masih tetap mendukung kemerdekaan Palestina.

"Kita terus masih konsisten perjuangan kemerdekaan Palestina bukan hanya aspirasi umat Islam," katanya.

Anies Diminta Evaluasi Car Free Day di Jakarta

Dalam amanat konstitusi RI juga menyatakan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Oleh karena itu, penjajahan di muka dunia harus dihapuskan dan bangsa Indonesia memiliki komitmen untuk menunaikan amanat konstitusi, memperjuangan kemanusiaan.

Melalui Aksi 115 ini, Indonesia dan Jakarta mempertegas komitmennya untuk terus mendukung Palestina.

"Jakarta secara khusus kami merasa bersyukur bahwa Monumen Nasional dan lapangan ini adalah tempat berkumpulnya pertama kali, seluruh rakyat dan para pemimpin ketika kita merdeka. Pada saat itu disebut dengan lapangan Ikada. Hari ini, tempat ini berulang untuk mengirimkan pesan bahwa bangsa Palestina pun ingin merasakan kemerdekaan sebagaimana kita," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya