Polisi Pastikan Broadcast Hindari Mal di Jakarta Hoax

Kadiv Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono
Sumber :
  • VIVA/Rintan Puspitasari

VIVA – Beredar pesan terusan di aplikasi WhatsApp yang menyebutkan agar menghindari sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta. Dalam pesan tersebut tertera nama-nama mal itu, serta disebutkan data itu berdasarkan info dari Badan Intelijen Negara dan Densus 88 Antiteror Polri.

1 Juta Kendaraan Diprediksi Balik Jakarta, Polda Metro Siapkan Strategi Agar Tidak Macet

Terkait kabar itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono mengatakan, memang benar status saat ini tengah siaga satu. Tapi soal info untuk menghubungi Densus dan soal hindari berkunjung ke sejumlah lokasi perbelanjaan di kawasan Jakarta adalah tak benar.

"Berkaitan dengan broadcast yang sudah beredar ada informasi bahwa Polda Metro Jaya menyatakan siaga satu kemudian ada beberapa nomor-nomor yang dapat dihubungi, kemudian juga ada nama-nama tempat perbelanjaan di Jakarta maupun di Surabaya, jadi kami menyampaikan bahwa itu tidak benar," katanya di Markas Polda Metro Jaya, Senin, 14 Mei 2018.

Viral Penipuan File APK Surat Panggilan Polisi, Begini Respons Polda Metro Jaya

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan pesan terusan semacam itu. Apabila menemukan adanya aktivitas mencurigakan terkait terorisme bisa melapor ke kantor polisi yang ada.

Apabila mendapat pesan terusan yang belum benar adanya bisa dikonfirmasi dulu ke kepolisian lebih dulu. Info-info seperti ini mulai marak usai teror bom yang terjadi di kawasan Surabaya.

Polisi Antisipasi Macet di Jadetabek Karena Mudik Lokal di Hari Lebaran

Sebelumnya, beredar pesan broadcast lewat WA grup. Berikut ini pesan yang beredar tersebut dan dinyatakan hoax oleh kepolisian:

“Info dari pihak BIN dan Densus  88, Polri memberi peringatan agar masyarakat sementara waktu menghindari tempat-tempat ini, pada Hari ini sampai besok.

Jakarta
1. Grand Indonesia
2. Plaza Indonesia
3. FX Sudirman
4. Plaza Senayan
5. Pacific Place
6. Senayan City
7. Blok M Plaza
8. Gandaria City
9. Pondok Indah Mall
10. Pejaten Village
11. Mall Ambassador
12. Kota Kasablanka
13. Central Park
14. Mall Taman Anggrek
15. Mall Kelapa Gading

Surabaya :
1. Tunjungan Plaza
2. Pakuwonplaza
3. Surabaya Plaza
4. Royal Plaza
5. Sutos

Saudara²sekalian  Hati2 ya tgl 15 Mei ini Amerika resmi buka kedutaan di Jerusalem dan Yahudi ultah kemerdekaan ke 70th.

Jauhi lokasi2 simbol Amerika seperti Starbuck, McD dll”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya