Tingkatkan Waspada, Anies Keluarkan Maklumat di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno.
Sumber :
  • Gadis Neka Osika

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengeluarkan Surat Maklumat Nomor 6 Tahun 2016 tentang peningkatan kewaspadaan di lingkungan masyarakat. 

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Surat maklumat itu ditandatangani Anies pada 16 Mei 2018. Maklumat itu dikeluarkan untuk menciptakan Jakarta sebagai Ibu Kota negara yang aman dan kondusif. 

Dalam surat itu, terdapat seruan kepada Anggota Dewan Kota/Kabupaten, anggota lembaga musyawarah kelurahan, para anggota forum kewaspadaan dini masyarakat, para ketua Rukun Warga (RW) dan juga ketua Rukun Tetangga (RT). 

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Berikut seruan untuk menjaga stabilitas guna meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masyarakat Jakarta: 

1. Meningkatkan koordinasi dengan aparat wilayah dan aparat keamanan di lingkungan masing-masing. 
2. Meningkatkan kewaspadaan terhadap penghuni kost, warga pendatang dan atau tamu. 
3. Meningkatkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) bersama warga. 
4. Melaporkan kepada aparat wilayah dan aparat keamanan apabila mengetahui atau menemukan situasi dan kondisi mencurigakan. 
5. Mengajak warga untuk saling menjaga, menghadirkan suasana tenang, ikut peduli, serta terlibat dalam merawat kerukunan dan keharmonisan lingkungan. 

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

Dalam beberapa hari ini, telah terjadi ledakan bom di tiga gereja di Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Minggu, 13 Mei 2018. Akibat kejadian itu, sebanyak 13 orang meninggal dunia dan puluhan orang mengalami luka-luka. 

Ledakan juga terjadi di Mapolresta Surabaya, Jawa Timur, Senin, 14 Mei 2018. Ledakan itu bersumber dari pengendara sepeda motor yang akan memasuki kantor Mapolresta Surabaya. 

Tak hanya itu, serangan dari tiga terduga teroris terjadi di kantor Markas Kepolisian Daerah Riau, Rabu, 16 Mei 2018. Akibat kejadian itu, empat terduga teroris ditembak mati pihak kepolisian, sementara satu orang anggota kepolisian meninggal dunia. 

Kemudian, pada Rabu, 16 Mei 2018, tim dari Polres Tangerang dan Detasemen Khusus (Densus) 88 mengamankan tiga terduga teroris di Tangerang, Provinsi Banten. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya