Bakal Ada Jalur Khusus Atlet Asian Games di Tol Dalam Kota

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno.
Sumber :
  • Gadis Neka Osika

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, memastikan para atlet peserta Asian Games akan ditempatkan di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Para atlet, menurut Anies, juga sudah siap dan memaklumi apabila perjalanan dari Wisma Atlet ke venue Asian Games tidak dapat dicapai dalam waktu 30 menit.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

"Mereka memaklumi perjalanan ke sana (venue Asian Games), tidak bisa setengah jam. Mau jalan tol dikosongkan enggak bisa," kata Anies, Selasa, 22 Mei 2018. 

Meski begitu, Pemprov DKI terus berupaya sekuat tenaga agar perjalanan atlet dari Wisma Atlet menuju venue dapat dipercepat. Salah satu caranya yakni dengan membuat jalur khusus bus atlet di tol dalam kota.

Heru Budi Pastikan Pelayanan Publik Tetap Berjalan Optimal Usai Cuti Lebaran

Pemprov DKI akan bekerja sama dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk memfasilitasi bus khusus yang mengangkut atlet melewati jalur khusus di tol.

"Jadi rekayasanya sudah disiapkan ada jalur tol, jalur khusus di tol untuk bus pengangkut atlet. Dan nanti yang permanen selama acara itu adalah di dalam ringroad dalam kota, karena mereka memfasilitasi untuk rute Wisma Atlet Senayan, Wisma Atlet-Taman Mini-Cibubur-Rawamangun itu yang sehari-hari nanti akan disiapkan jalur khusus di tol," ujarnya.

Pemprov DKI Tiadakan CFD Besok karena Masih Cuti Lebaran

Nantinya bus tersebut akan berangkat setiap 5-10 menit dari Wisma Atlet. Bus tersebut akan melaju di atas jalur khusus yang dipersiapkan untuk bus yang mengangkut atlet tersebut.

"Setiap lima menit bisa berangkat. Apalagi di masa-masa awal semua masih ikut pertandingan, padat sekali. Jadi masa-masa awal betul-betul seperti jalur Transjakarta sekarang. Di tol ada satu jalur yang khusus di pakai untuk bus atlet," ujarnya.

Untuk melakukan sterilisasi jalur agar tak ada kendaraan lain yang melintas, di jalur tersebut akan dibatasi dengan Traffic Cone. "Kemudian yang kedua, di semua wilayah yang ada venue akan diberlakukan kebijakan ganjil genap sejak mulai akhir Juli sampai penyelenggaraan, sehingga masyarakat sudah terbiasa," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya