Antisipasi Pemudik, Dishub DKI Siapkan 5 Terminal Bantuan

Terminal Bus Rawamangun disiapkan sebagai terminal tambahan mudik lebaran 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah, mengatakan telah mempersiapkan lima terminal tambahan untuk menghadapi lonjakan arus mudik Lebaran 2018. Di setiap terminal juga disediakan pos keamanan dan kesehatan.

H-7 hingga H-1 Lebaran 2020, Cuma 465 Ribu Kendaraan Keluar Jakarta

Lima terminal tersebut, kata dia, adalah terminal-terminal tambahan selain empat terminal utama yang disiapkan untuk melayani mudik lebaran masyarakat, yaitu Terminal Terpadu Pulo Gebang, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres dan Terminal Tanjung Priok.

"Nah, untuk antisipasi lonjakan penumpang, kita juga siapkan lima terminal bantuan, yakni Terminal Rawamangun, Terminal Pinang Ranti, Terminal Grogol, Terminal Muara Angke, dan Terminal Lebak Bulus," ucap dia saat ditemui di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Minggu 3 Juni 2018.

Pertamina MOR III: Konsumsi Pertamax Ramadan-Idul Fitri Naik 12 Persen

Di terminal-terminal tersebut nantinya, lanjut Andri, akan juga ditambahkan berbagai macam layanan, seperti posko keamanan yang akan bekerja sama dengan Satpol PP, TNI, Polri serta unsur dari masyarakat, seperti Pramuka dan PMI.

Kemudian juga, akan disediakan posko kesehatan yang tidak hanya ditujukan untuk menjaga kesehatan masyarakat maupun sopir, namun juga untuk melakukan tes urine bagi sopir bus bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional. Posko ramp check juga sudah disiapkan sejak 15 Mei.

Jadwal THR dan Cuti Jadi Evaluasi Kemenhub di Angkutan Lebaran 2020

"Itu semua untuk menjamin keamanan, keselamatan, dan kenyamanan para penumpang. Sopirnya dalam sehat, armadanya juga dalam keadaan sehat," ucap Andri.

Selain penambahan dari sisi terminal, ujar Andri, jumlah armada bus juga ditambahkan. Dari yang dipersiapkan sejumlah 2370 armada menjadi 2955 armada.

"Kalau total unitnya sendiri secara umum kita siapkan 2370 se-DKI Jakarta, tetapi kita juga menyiapkan bus bantuan berjumlah 175. Kita juga antisipasi lagi apabila ada lonjakan kita siapkan bus pariwisata berjumlah 410, jadi keseluruhan busnya 2955," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya