Banyak Mudik Gratis, Terminal Bekasi Sepi Pemudik

Angkutan bus di Terminal Induk Bekasi, Bekasi, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

VIVA – Terminal Induk Bekasi di Jalan Cut Mutiah Bekasi Timur akhir pekan ini baru mulai disesaki pemudik. Pihak terminal tercatat sudah ada 200 ribu orang yang meninggalkan Kota Bekasi dari terminal ini.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Jumlah itu tercatat dari kemarin hingga Sabtu 9 Juni 2018, dan sudah 50 bus yang meninggalkan Kota Bekasi. Saat ini, pemerintah daerah telah menyiapkan 350 kendaraan mudik di Terminal Bekasi.

"Dari 350 kendaraan yang kami siapkan ternyata baru 50 kendaraan yang keluar," kata Kepala Induk Terminal Bekasi, Bambang Hendrianto Sabtu 9 Juni 2018.

Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

Bambang menambahkan, dengan hanya 50 kendaraan yang baru keluar dari terminal itu jauh dari target. Sebab, target kendaraan mudik yang keluar mencapai 350 kendaraan.

"Padahal masih ada 150 mobil bus lagi yang telah disiapkan untuk mengangkut pemudik," ujarnya.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Dari 50 bus yang keluar, kata Bambang kebanyakan mereka bertujuan ke Jawa Tengah dan Sumatera.

Bambang menjelaskan, minimnya pemudik yang melalui terminal, karena banyaknya instansi menggelar mudik gratis. Pemerintah Kota Bekasi saja menyediakan 50 bus untuk mudik gratis.

"Jadi kebanyakan mereka mengandalkan mudik gratis," katanya.

Meski begitu, kata Bambang pihaknya masih melakukan upaya antisipasi atas lonjakan penumpang jelang perayaan Idul Fitri. Salah satunya, kata dia, menempatkan petugas di dalam terminal untuk mengatur keluar masuk bus. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya