Cerita Pramuka Amankan Mudik di Pulogebang

Pramuka turut amankan arus mudik di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA – Sejumlah anggota Pramuka turut mengamankan arus mudik di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Senin, 11 Juni 2018. Mereka bergabung dengan petugas lainnya.
 
Salah satu anggota Pramuka itu adalah Eka Imam Panji. Dia  merupakan anggota Pramuka dari Kwarcab Jakarta Timur. "Saya bertugas dari lima hari lalu, rencananya sampai nanti mau Lebaran, H-2," kata Eka, di Terminal Pulogebang.

Presiden Jokowi Kukuhkan Budi Waseso Cs Jadi Pengurus dan LPK Kwarnas Pramuka 2023-2028

Eka mengatakan, banyak tugas yang dikerjakan selama ikut mengawal jalannya mudik di Terminal Pulogebang. Salah satunya yaitu menunjukkan tempat dan lokasi yang ditanyakan oleh pemudik.

"Kami  bantu pemudik intinya. Seperti ada yang kesusahan bawa barang, pemudik lansia yang enggak bisa bawa barang. Menunjukkan kalau ada orang nanya pusat informasi, nanya toilet dan lain-lain," ujarnya.

DPR Desak Menteri Nadiem Buat Pernyataan Terbuka Soal Pramuka

Menurut Eka, jumlah keseluruhan anggota Pramuka di Terminal Pulogebang sekitar 30 orang. Semuanya itu dibagi menjadi dua regu.

Ada yang bertugas di lantai dasar terminal, ada juga yang bertugas di tempat keberangkatan penumpang. "Kami kadang di-rolling dua hari sekali. Sebelum tugas juga di-briefing dulu," ujarnya.

Menteri Nadiem Tegaskan Pramuka Tidak Dihapus malahan Wajib

Eka mengatakan, banyak yang didapat dari tugas yang diembannya ini. Salah satunya yaitu mendapatkan pahala. "Kami enggak pernah meminta uang untuk setiap bantuan. Yang didapat ya ilmu baru, pengalaman, dan pahala Insya Allah," ujarnya.

Pengamat intelijen dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro

Jika Pramuka Dihapus, Nilai Kenegarawanan Generasi Muda Bisa Terkikis

Pengamat intelijen, pertahanan dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro menyayangkan Keputusan Mendikbudristek Nadiem Makarim yang mengeluarkan Permen tentang menghapus pramuka

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024