Masjid Istiqlal Antisipasi Macet Jelang Salat Id

Sorot ghirah - Umat muslim melaksanakan salat tarawih pertama di Masjid Istiqlal, Jakarta
Sumber :
  • REUTERS/Willy Kurniawan

VIVA – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Masjid Istiqlal Jakarta berbenah. Mulai  dari pengamanan hingga lokasi parkir. "Kami cukup melakukan antisipasi untuk tamu-tamu yang datang," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dalam wawancara dengan tvOne, Kamis pagi, 14 Juni 2018.

Merayakan Kemenangan di Tengah Pandemi COVID-19

Menurut Nasaruddin, pengaturan keamanan dilakukan berdasarkan standar yang ada. Hal itu agar para tamu yang datang ke masjid untuk salat Id aman dari berbagai gangguan.

Pihaknya juga menyiapkan lahan parkir untuk para jemaah. Untuk mengantisipasi banyaknya jemaah, jalan di sekitar masjid disiapkan juga untuk lahan parkir.

Diskon Superindo, Perempuan Cantik Tipu Korbannya Sampai Miliaran

Selain itu, pihak masjid juga bekerja sama dengan kepolisian untuk antisipasi kemacetan. "Kami kerja sama kepolisian antisipasi macet terutama detik-detik jam 7 menjelang salat dan setelah selesai," ujar Nasaruddin.

Nasaruddin mengungkapkan, dalam dua tahun terakhir ini, jemaah pada saat Ramadan semakin banyak. Jemaah salat Tarawih membeludak. Dulu, 10 hari pertama puasa, jemaah ramai namun setelah pertengahan Ramadan tinggal separuhnya. Namun, tahun ini dari awal hingga 10 hari terakhir Ramadan, jemaah membeludak. "Tiap malam kami nonstop layani seluruh jemaah. Kami menyiapkan qori internasional, muazin, imam yang selektif," ujarnya.

Kesawan City Walk Besutan Wali Kota Bobby Nasution Ditutup
Menag, Yaqut Cholil Qoumas mengukuhkan pengurus BKM periode 2022 – 2026

Kukuhkan Pengurus BKM, Menag: Jaga Masjid dari Politisasi

Menag Yaqut Cholil Qoumas hari ini mengukuhkan pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) periode 2022 – 2026 di Masjid Istiqlal Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2023