Warga Depok Diminta Jangan Konvoi saat Takbiran

Ilustrasi suasana malam takbir.
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVA – Kapolresta Depok, Komisaris Besar Didik Sugiyarto mengimbau warga Depok, untuk tidak melakukan konvoi saat merayakan malam takbiran. Hal ini, untuk mencegah terjadinya tindak pidana.

Unik, Pawai Takbir di Lombok Ada 'Setan' dan Miniatur Masjid dari Botol

"Lebih baik dilaksanakan di tempat ibadah (masjid atau musala) itu jauh lebih baik, untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas yang ditimbulkan akibat gesekan atau kerawanan lainnya," kata Didik, Kamis 13 Juni 2018. 

Didik menilai, konvoi dijalan dapat menimbulkan potensi perselisihan atau gesekan yang berujung pada gangguan keamanan. Sehingga, pada malam takbiran nanti, pihaknya telah menyiapkan strategi pengamanan.

Ratusan Pendekar Diterjunkan Mulai Malam Takbiran di Purwakarta Atasi Hal Ini

"Tetap, kami lakukan pengamanan-pengamanan. Baik itu di titik simpul jalan maupun juga memantau, memonitor kegiatan tersebut, sehingga tidak terjadi potensi perselisihan, kerawanan dengan pihak-pihak yang lain," katanya.

Namun, Didik menegaskan, pihaknya tidak akan melarang masyarakat yang ingin merayakan malam takbiran di jalan. 

Warga Tumpah Ruah Saksikan Pawai Takbiran di Lombok Barat

"Intinya, kami ke depankan langkah-langkah persuasif yang humanis." tambahnya.

Waspada rumsong

Selain itu, Didik juga telah menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan patroli, khususnya di wilayah yang dianggap rawan tindak pidana pencurian rumah kosong maupun pencurian dengan kekerasan. 

"Karena sebagian warga sudah mudik, kami pun mengimbau para tokoh lingkungan agar berkoodinasi dengan Kepolisian terdekat. Dan, kami juga mengimbau masyarakat untuk saling peduli dengan kondisi tetangga maupun lingkungannya," tutur Didik

Lebih lanjut, dia menambahkan, Polresta Depok dan jajaran juga akan terus melakukan penegakan hukum dengan sasaran minuman keras maupun aksi-aksi kenakalan remaja dan tindak pidana lainnya. 

"Kami juga dibantu unsur TNI, Pemkot, dan sejumlah pihak dengan jumlah sebanyak 587 personil. Mari, sama-sama kita jaga kota ini agar tetap kondusif." ungkapnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya