Pemudik Takut Bawa Saudara Tinggal di Jakarta

Ilustrasi suasana pemudik di Stasiun Senen Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA/Gadis

VIVA – Sebagian warga ibu kota telah kembali ke Jakarta usai mudik ke kampung halaman mereka. Tercatat, sampai siang ini sudah ada 22 ribu lebih warga yang balik ke Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen.

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Salah satunya Bintang (25). Pria yang tinggal di kawasan Kampung Pulo, Jakarta Timur itu baru saja kembali ke Jakarta usai mudik ke kampung halamannya di Bojonegoro, Jawa Timur.

Dia mudik seorang diri dan pulang seorang diri. Dia tak mengajak saudara arau kerabat dari kampung untuk tinggal di Jakarta.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

"Apalagi kalau tidak punya kemampuan. Buat apa. Nyari kerja di sini (Jakarta) susah. Yang ada buat susah saja, entar ketahuan pendatang malah dipulangin," kata dia Bintang Stasiun Pasar Senen, Selasa 19 Juni 2018.

Kemudian ada juga warga Sunter, Jakarta Utara bernama Sutaryo (29) yang baru balik dari kampung halamannya di Lamongan ke Jakarta hari ini. Dia pergi dan pulang kampung bersama teman se kantornya.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

Selama mudik dan kembali ke Jakarta, ia mengaku tak ada hambatan di jalan. Ditanya soal kenapa tak kembali ke Jakarta dengan mengajak sanak saudaranya dari kampung, ia mengaku bahkan tak kepikiran akan hal itu.

"Sama teman saya saja pulang dan baliknya nih," ujar Sutaryo.

Baru mudik

Sementara itu, di Stasiun Senen juga terpantau banyak warga yang emmilik mudik usai Lebaran. Diketahui masih ada 23 ribu lebih penumpang yang baru berangkat mudik ke luar kota dari Jakarta.

Misalnya saja Sarminih (50) dan seorang putrinya yang baru akan mudik ke Solo dari Stasiun Pasar Senen hari ini. Kata dia, alasannya baru berangkat mudik adalah karena anaknya masih harus kuliah meski sudah dekat Lebaran.

“Saya sudah beli dua bulan lalu, harga sekitar Rp.200 ribuan," ujar dia di Stasiun Pasar Senen, Senen, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Juni 2018.

Kemudian, ada juga Yayat (48) yang baru mau mudik ke Cirebon Jawa Barat bersama dua anaknya. Ia mengaku memilih mudik hari ini lantaran libur sekolah anaknya masih panjang.

"Kita lebih memilih hari setelah Lebaran, karena acara di kampung juga setelah Lebaran, lagi pula juga anak-sekolah masuknya lama, tanggal 16 Juli," ujar Yayat.

Beda lagi dengan alasan Wina (33) yang baru mudik sekarang lantaran kehabisan tiket. Atas hal itulah dia baru sempat mudik sekarang.

"Beli tiket ini saja begadang, rebutan jadi rezekinya sekarang," kata Wina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya