Gawat, CCTV di LP Pemuda Ternyata Cuma Jadi Hiasan

Ombudsman memeriksa hasil rekaman CCTV LP Pemuda.
Sumber :
  • Lilis Khalisotussurur - VIVA

VIVA – Standar keamanan di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A, Pemuda, Tangerang, Banten, benar-benar tak sesuai aturan.

Ternyata Pembagian Bansos COVID-19 Tak Adil, Ombudsman Mengungkapnya

Bayangkan saja, narapidana yang mendekam di LP Pemuda bisa melakukan perbuatan apapun tanpa bisa diketahui petugas. Kondisi ini cukup membahayakan.

Di dalam LP memang terpasang kamera pemantau alias CCTV. Tapi alat canggih ini hanya terkesan sebagai pajangan saja. Sebab, CCTV itu tak berfungsi normal.

Penerima Bansos Tak Tepat Sasaran Dominasi Laporan ke Ombudsman Banten

Bahkan, saat anggota Ombudsman, Ninik Rahayu melakukan inspeksi ke LP Pemuda, petugas LP tak mampu menunjukkan rekaman CCTV terkait aktivitas terbaru narapidana di LP. Petugas LP malah memutar rekaman CCTV tahun 2000.

"Tak operasional dan update. Padahal, CCTV dimanfaatkan untuk melihat situasi lapas dari jam bahkan menit. Ada situasi yang mengancam atau tidak. Ada yang berkelahi atau sakit tidak," kata Ninik, Selasa, 19 Juni 2018.

Dua Sisi Aturan PSBB: Ada yang Mengeluh, Ada juga Mengkritisi

Pantauan VIVA, ada beberapa CCTV terpasang di sejumlah titik di dalam LP Pemuda. Tapi, CCTV itu kini memang sekadar jadi hiasan dinding saja. Bahkan, sejumlah CCTV tampak terpasang dalam kondisi miring.

"Ada yang perlu mendapat perhatian serius. Bukan hanya saat lebaran. Misalnya CCTV. Kita berkali-kali dapatkan keluhan jumlah CCTV dan kurang orang. Tapi yang ada tak dimaksimalkan," kata Ninik. (mus)

Gedung Kementerian BUMN. Foto ilustrasi.

KNPI: Rangkap Jabatan di BUMN Bikin Pejabat Dapat Gaji Dobel

Ada puluhan pejabat di lingkungan istana yang rangkap jabatan di BUMN.

img_title
VIVA.co.id
28 Juni 2020