Kronologi Dua Teroris Ditembak Mati di Depok

Ilustrasi penangkapan teroris
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror melakukan operasi penangkapan terhadap terduga teroris di Kota Depok, Jawa Barat. Dalam kegiatan itu, aparat menangkap tiga orang berinisial AS, AZA alias MRS, dan MM yang diduga akan melancarkan aksi terornya.

5 Fakta Penangkapan Teroris di Bekasi yang Merupakan Karyawan PT KAI

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen, Mohammad Iqbal, menuturkan kronologi peristiwa tersebut. Pelaku pertama MM, diringkus di depan gang kontrakan Kelurahan Mekar Jaya, Sukmajaya, Depok. MM diamankan pada jam 09.30 WIB. Setelah itu penangkapan dilanjutkan kepada AS dan AZA.

"Penangkapan dilakukan pada saat keduanya berboncengan sepeda motor sedang melakukan perjalanan, di Jalan Tole Iskandar, Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat," kata Iqbal, Sabtu, 24 Juni 2018.

Sempat Baku Tembak, Total 6 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung

Menurut Iqbal, saat dilakukan penangkapan, pelaku melakukan perlawanan, menyerang dan mengancam petugas dengan sebilah pisau.

"Pelaku melawan dengan menggunakan pisau komando dan pistol sehingga petugas terpaksa, melakukan upaya pelumpuhan, yang mengakibatkan kedua terduga teroris meninggal dunia," ujarnya.

Anggota Densus 88 Tertembak saat Sergap Komplotan Teroris Lampung

Bersama pelaku yang dilumpuhkan, polisi berhasil menyita sebilah pisau komando, satu pucuk pistol FN lengkap dengan Magazen dan peluru 9 MM sebanyak 10 butir. "Jenazah terduga tersangka saat ini dibawa ke RS Kramatjati," ujarnya.

Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

BNPT: 148 Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023, Didominasi JI dan JAD

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan bahwa sebanyak 148 teroris telah berhasil ditangkap sepanjang tahun 2023

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023