Alasan tvOne Polisikan Akun @bola_gila ke Polisi

tvOne laporkan akun instagram bola_gila ke Polda Metro
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

VIVA – Stasiun televisi tvOne resmi melaporkan akun Instagram @bola_gila ke polisi. Namun, dalam laporan yang dibuat, terlapor masih dalam lidik.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Akun instagram tersebut dilaporkan atas dugaan menyebarkan informasi bohong dan ujaran kebencian seperti yang tertuang dalam Pasal 35 juncto pasal 27 ayat 3 dan pasal 36 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 (UU ITE). Laporan sendiri bernomor LP/3427/VII/2018/PMJ/Ditreskrimsus.

General Manager News Gathering tvOne, Ecep S Yasa membeberkan alasan mempolisikan akun instagram tersebut. Kata dia, proses hukum ditempuh karena apa yang dilakukan terlapor bukanlah produk jurnalistik.

Lionel Messi Absen, Timnas Argentina Bantai Kosta Rika

"Tapi ini kan sebuah berita bohong yang dipublish di sosmed yang tidak bisa dipertanggung jawabkan dan memang mungkin bercandaan. Tetapi dampaknya sangat serius. Kepercayaan publik kepada tvOne menjadi sangat turun mungkin atau terganggu karena berita ini. Karena rata-rata yang diposting kemudian dianggap itu benar dan dipercaya masyarakat bahwa running teks itu benar dikeluarkan tvOne," ucap dia di Markas Polda Metro Jaya, Senin 2 Juli 2018.

tvOne Laporkan Akun Penyebar Hoax Argentina Menang

Berkah Ramadhan untuk Ramadhan Sananta, Jumlah Golnya Lampaui Lionel Messi!

Meski akun @bola_gila sudah melalukan klarifikasi dan meminta maaf, namun, proses hukum dirasa perlu dilakukan agar kejadian serupa tak terulang ke depannya. Apalagi yang dilakukan akun tersebut sudah bersifat mencemarkan, menyesatkan informasi, serta berbahaya bagi masyarakat karena infomasi hoax yang dibuat akun tersebut.

"Kami pada prinsipnya tidak ingin peristiwa yang sama terulang di kemudian hari, sehingga memang proses penegakkan hukum harus kami tempuh. Bahwa ada persoalan minta maaf,, dimaafkan atau tidak itu persoalan yang tetap bisa berjalan. Tapi, ini kan persoalan hukum yang harus diselesaikan secara hukum," katanya.

Sebelumnya diberitakan, stasiun televisi tvOne merasa dicemarkan citranya gara-gara kabar bohong alias hoax tentang tim nasional Argentina menang dalam laga melawan Perancis. Informasi menyesatkan yang disebarkan melalui foto tayangan tvOne itu dalam akun Instagram bola_gila itu jelas adalah hasil rekayasa belaka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya