Menang We Love Cities 2018, Jakarta Kalahkan Tokyo

Ilustrasi Monas Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Kota Jakarta menjadi pemenang global ajang We Love Cities 2018 yang diselenggarakan World Wide Fund for Nature atau WWF. Jakarta juga kembali terpilih menjadi pemenang nasional One Planet City Challenge (OPCC).

Heru Budi Pastikan Pelayanan Publik Tetap Berjalan Optimal Usai Cuti Lebaran

Dengan kemenangan mutlak tersebut, Jakarta berhak menyandang gelar sebagai kota paling dicintai warganya. Jakarta mengalahkan sejumlah kota besar lainnya di dunia, seperti Tokyo, Vancouver dan Kuala Lumpur.

"Jakarta menang dengan jumlah dukungan yang telak dibanding kota lainnya. Ini menunjukkan kemampuan Jakarta merangkul warganya untuk memberikan dukungan dalam ajang kampanye internasional ini," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji dalam keterangan tertulis, Sabtu, 7 Juli 2018.

Pemprov DKI Tiadakan CFD Besok karena Masih Cuti Lebaran

Sebagai pemenang, Jakarta akan menerima sertifikat dan pengakuan global pada acara OPCC Global Awards Ceremony, dalam rangkaian Global Climate Action Summit di San Francisco, Amerika Serikat, pada 12-14 September 2018. 

Isnawa melanjutkan, kemenangan ini dicapai berkat dukungan dari Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta, BUMD, lembaga swadaya masyarakat dan terutama dukungan seluruh warga.

Pemprov Jakarta Berangkatkan 12.170 Peserta dengan 279 Bus Mudik Gratis ke 19 Daerah

“Mustahil kemenangan ini dapat diraih tanpa kontribusi warga Jakarta yang mencintai kotanya. Bapak Gubernur dan Wagub bahkan ikut serta berkampanye melalui ajakan dalam video pendek yang menjadi viral di sosmed,” ujar Isnawa.

Kampanye masif dilakukan pada 7 Mei sampai 30 Juni 2018 lalu. Penghargaan ini melibatkan kontribusi warga Jakarta untuk memberikan dukungan, melalui voting dan saran-saran perbaikan untuk pembangunan kota. 

Isnawa mengungkapkan, salah satu kunci kemenangan Jakarta yaitu interaksi di sosial media menggunakan tagar #WeLoveJakarta. Tercatat 164.954 interaksi di sosial media dan 4.464 saran untuk menjadikan Jakarta lebih baik dari warga Jakarta. 

Untuk menjadi pemenang We Love Cities, Jakarta harus bersaing dengan 50 kota finalis dari 21 negara. Tujuan kampanye ini untuk meningkatkan umpan balik dan melibatkan warga dalam pembangunan kota berkelanjutan, untuk mendukung aksi menghadapi tantangan perubahan iklim.

Menurut Global Communicator Sustainable Cities WWF, Victoria Olausson, kota Jakarta memiliki kemampuan yang luar biasa dalam meraih dukungan dari warganya dalam kampanye ini. “Ketertarikan masyarakat dengan pemerintah kota adalah kunci sebuah kota dalam meraih kesuksesan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan,” katanya.

Keberhasilan Jakarta mendapat respons positif dari sejumlah pihak. Satu  di antaranya dari anggota DPD RI Fahira Idris. Dikutip dari akun Twitter @fahiraidris, tertulis antara lain: 

“Selamat kepada Warga #Jakarta Kota kita didaulat sebagai pemenang global ajang We Love Cities 2018 yang diselenggarakan World Wide Fund for Nature (WWF) yang diikuti 50 kota finalis dari 21 negara.

Mencintai Jakarta adalah gerakan bersama menyelesaikan berbagai persoalan di kota yang kita cintai ini.

Selamat untuk Pemprov @DKIJakarta Pak @aniesbaswedan dan Pak @sandiuno”

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya