Kotor dan Bau, Kali Sentiong Dipasang Jaring Hitam Demi Asian Games

Kali Sentiong alias Kali Item di dekat Wisma Atlet Asian Games.
Sumber :

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup Kali Sentiong atau Kali Item yang berada di belakang Wisma Atlet Asian Games 2018. Kali ini ditutupi dengan menggunakan jaring tipis berwarna hitam.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, aliran kali ini dipasangi jaring agar tak terlihat kotor dan mengeluarkan aroma tak sedap, yang dapat mengganggu atlet penghuni asrama.

Sebab tingkat polusi di Kali Item memang sudah cukup parah. Selain airnya yang berwarna hitam pekat, juga aromanya yang mengeluarkan bau tak sedap.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Pemasangan jaring tersebut diharapkan dapat meminimalisir dampak buruk dari Kali Item.

"Saya yang menginstruksikan memang. Setelah saya berdiskusi dengan beberapa orang pakar, salah satu caranya adalah dengan mengurangi proses penguapan dari sungai itu. Penguapannya adalah dengan diberikan kain penutup, sehingga tidak terjadi proses evaporasi," kata Anies di Balai Kota DKI, Jumat 20 Juli 2018

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Anies menuturkan, di wisma atlet tersebut terdapat sebuah cafetaria yang terletak tak jauh dari Kali Item. Jangan sampai polusi aroma tak sedap dari kali item tersebut mengganggu selera makan atlet.

Sosialisasi

Pemprov DKI juga sudah memberikan sosialisasi kepada para pabrik tahu yang ada agar tidak membuang limbahnya ke Kali Item untuk sementara waktu. Selain itu para petugas juga telah disiagakan agar masyarakat menaati peraturan dan tak mencemari lingkungan kembali.

"Dari hilir sudah dikurangi potensi polutannya, dicegah, di lokasi yang ada kita dikurangi pencahayaan panas matahari sehingga mengurangi evaporasi. harapannya (bau tak sedap) sudah tidak tercium," ujarnya

Anies juga mengatakan akan menambah tanaman di sisi kiri dan kanan Kali Item. Hal itu dilakukan untuk memperindah kawasan wisma atlet.

"Jadi kita lakukan beautifikasi, kampung-kampung di sana nanti diwarnai. tempat pengolahan sampah nanti juga dipindah. Jadi memang ada ikhtiar untuk beautifikasi daerah situ karena seluruh atlet akan berada di sana," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya