Pemprov DKI Ingin Robohkan JPO di Bundaran HI

Larangan Sepeda Motor sempat berlaku di beberapa ruas jalan Kota Jakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, berencana merobohkan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), di sekitaran patung ‘Selamat Datang Hotel Indonesia’ Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Perobohan JPO ini bertujuan agar kawasan HI terlihat indah dan pandangan terhadap monumen ‘Selamat Datang’ tidak terhalang oleh JPO.

Pemprov DKI Tiadakan CFD Besok karena Masih Cuti Lebaran

Untuk penyeberangan pejalan kaki, nantinya tidak lagi menggunakan JPO. Tetapi akan dibuatkan jalur lintas bawah (Underpass) untuk pejalan kaki menyeberang.

"Ada usulan dan ini lagi mudah-mudahan bisa dilakukan agar ini dipindah ke bawah jadi melalui basement atau digantikan dengan underpass untuk memastikan para pejalan kaki memiliki kesempatan menyeberang jalan tapi enggak melalui JPO itu," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, Senin 23 Juli 2018.

Pemprov Jakarta Berangkatkan 12.170 Peserta dengan 279 Bus Mudik Gratis ke 19 Daerah

Namun rencana ini belum dapat dipastikan kapan akan dieksekusi, Sandiaga menginginkan pembangunan ini tanpa mengganggu persiapan Asian Games. "Kita inginkan wajah Jakarta yang cantik rapih mulus itu bisa juga karena kalau dilihat JPO-nya kan itu sementara juga selama pembangunan MRT," ujarnya

Menurut Sandiaga, saat ini dengan JPO tidak dapat diakses oleh kaum difabel. Sedangkan ketika nanti dibangun penyeberangan lintas bawah, akan dapat diakses oleh kaum difabel. "Kalau lewat underpass itu juga lebih ramah disabilitas karena yang sekarang ini enggak mengakomodir teman-teman dengan disabilitas," ujarnya

Dishub DKI Tutup JLNT Casablanca-Tanah Abang Mulai Malam Ini, Kenapa?

Mengenai rencana ini, Sandiaga telah melakukan pembicaraan dengan beberapa pihak terkait. Salah satunya yakni dengan koalisi pejalan kaki.

"Kebetulan saya juga ditunjuk sebagai admin koalisi kemarin, saya sekarang ingin menjadi jembatan antara koalisi. Dan saya dua hari berturut-turut saya jalan di sekitar Thamrin Sudirman dan memang pengerjaannya sekarang masih berlangsung tapi kita optimis ini bisa selesai tepat waktu." (mus) 

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Heru Budi Pastikan Pelayanan Publik Tetap Berjalan Optimal Usai Cuti Lebaran

Tidak ada perpanjangan untuk libur lebaran.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024