Respon Warga Soal Rencana Buka Tutup 19 Pintu Tol Saat Asian Games

Warga berjalan di samping display promosi Asian Games 2018 di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Rencana Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan melakukan rekayasa lalu lintas dengan cara buka tutup 19 pintu tol pada saat perhelatan Asian Games 2018 mendapat tanggapan beragam dari warga.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

"Tentu penutupan 19 pintu tol ini akan berdampak terhadap kondisi lalulintas yang ada. Sebagai warga, demi menyukseskan kegiatan Asian Games 2018, saya setuju saja," ujar Cucun, warga Jakarta.

Asalkan, Kepolisian benar-benar memperhatikan kondisi jalanan yang terimbas kebijakan tersebut. Caranya, dengan membuat rute-rute alternatif yang bisa dilalui. "Yang penting juga, lakukan sosialisasi secara masif pada masyarakat. Harapannya, masyarakat bisa beralih ke kendaraan umum," ujarnya menambahkan.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Namun, pendapat berbeda disampaikan Anam. Sopir taksi online ini sangat keberatan dengan rencana BPTJ Kementerian Perhubungan yang akan menerapkan buka tutup di 19 ruas jalan tol tersebut. Alasannya, kebijakan itu akan mempersempit ruang gerak operasi taksi online. "Ya sangat memberatkan, bagi saya sebagai sopir taksi online, karena ruang gerak sempit," ujarnya.

Menurut dia, dengan adanya penerapan ganjil genap saja sudah sangat memberatkan bagi sopir taksi online. "Saran saya tolong ganjil genap untuk Sabtu dan Minggu ditiadakan," katanya.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Sebelumnya, Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, akan dilakukan penutupan 19 pintu tol prioritas antara pukul 06.00-17.00 WIB dan pukul 12.00-21.00 WIB. Opsi tersebut lanjut dia, dilakukan dengan buka tutup pintu tol secara periodik dengan diskresi pihak Kepolisian.

"Penutupan pintu tol diprioritaskan untuk rute-rute jalan tol yang menuju ke Gelora Bung Karno, Velodrome dan Cibubur yang merupakan venue pertandingan untuk Asian Games 2018," ujar Bambang.

Adapun 19 Pintu Tol yang akan ditutup prioritas yaitu

Pukul 06.00-17.00 WIB
1. Ancol Barat
2. Jembatan Tiga 1
3. Angke 2
4.Tanjung Duren
5. Off Ramp RS Harapan Kita
6.Slipi2
7. Podomoro
8. Rawamangun
9. Pedati
10. TMII

Pukul 12.00-21.00 WIB

1. Gedong Panjang 2
2. Jembatan Tiga 2
3. Angke 1
4. Jelambar 1
5. Slipi 1
6.Sunter
7. Jatinegara
8. Kebon Nanas
9. TMII

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya