Untung Jutaan Sehari, Pengusaha Tempe di Kali Item Tolak Setop Operasi

Kali Item di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • Adinda Purnama

VIVA – Pengusaha tempe di sekitar Kali Sentiong atau Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat, menolak berhenti produksi selama penyelenggaraan Asian Games 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Towo (65), misalnya. Pengusaha tempe ini tidak akan berhenti produksi, saat penyelenggaraan Asian Games 2018, dengan alasan kesejahteraan keluarga dan para pekerja. 

Towo juga mempertanyakan, apakah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mau mengganti rugi, jika para produsen tempe dan tahu berhenti produksi. 

Pengrajin Tahu Tempe di Bandung 'Dicekik' Harga Kacang Kedelai

"Pemerintah mau kasih solusi apa, jika kami berhenti produksi, nanti keluarga dan pekerja sama makan apa?" ujar Towo di Kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat 27 Juli 2018. 

Dalam sehari, Towo menceritakan, pabrik miliknya bisa mengolah hingga lima kuintal bahan tempe. Ia akan mendapatkan keuntungan hingga Rp2 juta per kuintal setiap harinya. 

Siap-siap! Tahu-Tempe Bakal Raib di Jawa Barat Akhir Pekan Ini

"Sehari kalau lagi ramai pesanan dan bahan mencukupi bisa sampai lima kuintal. Bisa dapat untung dua jutaan," ujarnya. 

Towo berharap, Pemprov DKI memiliki solusi yang efektif agar tidak mengganggu perekomian di wilayah Kemayoran, termasuk dengan tidak meminta produsen tempe dan tahu untuk berhenti produksi. "Ya janganlah, kasih solusi lain. Matiin rezeki orang itu namanya," ujar Towo.

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024