Jernihkan Air, Bakteri Lactobacillus Akan Ditebar di Kali Item

Penutupan jaring untuk mengurangi bau di Kali Item, dekat Wisma Atlet Kemayoran
Sumber :
  • REUTERS/Willy Kurniawan

VIVA – Lion's Club Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Inapgoc akan menebarkan mikroorganisme berjenis bakteri Lactobacillus untuk menjernihkan Kali Sentiong atau Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Menurut Wakil Ketua Umum Inapgoc Sylviana, penebaran ini akan dilakukan pada September 2018, satu bulan sebelum gelaran Asian Para Games 2018. "Kami akan mulai bulan September, sebagai wujud kepedulian kami terhadap lingkungan," ujar Sylviana, di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Senin, 30 Juli 2018.

Selain itu, Zaenal Goefron dari Tim Lion's Group Indonesia mengatakan, penebaran mikroorganisme ini akan dilakukan bersamaan dengan penambahan alat nano bubble yang telah disediakan oleh LIPI pada September. 

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Nantinya, mikroorganisme akan memakan endapan lumpur di Kali Sentiong yang menjadi penyebab timbulnya aroma bau. "Kami pakai flocculant dan coagulant sama mikroorganisme. Jadi sebenarnya ini akan di-treatment sama LIPI dengan ada mikro nano bubble," ujar Zaenal di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Senin, 30 Juli 2018.

Zaenal menjelaskan, Kali Sentiong juga akan diberikan probiotik yang akan dipija. "Dari mikro nano bubble ini, nanti kami juga akan kasih mikroorganisme yang akan jadi probiotik. Mikroorganisme ini akan saya pija dari sungai ini langsung. Jadi bukan dari mikroorganisme yang lain," ujarnya.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Dengan begitu keberadaan mikroorganisme di dalam Kali Sentiong akan mempercepat pembersihan air dan dasar kali yang sudah dioksidasi oleh mikro nano bubble.

"Ini kan stimultan yang dikerjakan oleh LIPI pakai mikro nano bubble, berarti mikroorganisme semua proses oksidasi dalam kali ini sudah bagus. Kami tumpangi lagi pakai mikroorganisme yang dari probiotik dari sungai ini yang kita pija," ujar Zaenal.

Menurut Zaenal, kerja dari mikro nano bubble makan waktu tiga sampai empat bulan. Namun, jika diperbesar mikroorganisme akan semakin ganas untuk memakan lumpur yang ada di Kali Sentiong. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya