Uji Coba Penutupan 19 Pintu Tol untuk Sukseskan Asian Games 2018

Ilustrasi ganjil genap di pintu tol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

VIVA – Uji coba penutupan 19 pintu tol di ruas Jakarta, yang akan diterapkan pada waktu jam tertentu, mulai berlaku Rabu, 1 Agustus 2018. Kebijakan program ini untuk mendukung kelancaran perhelatan Asian Games 2018.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Sekira 19 pintu tol itu adalah ruas yang berhubungan dengan rute Wisma Atlet Kemayoran dan venue Gelora Bung Karno (GBK). Begitu pun sebaliknya penutupan akan dilakukan secara situasional.

Rencana awalnya, uji coba dilakukan pada Selasa, 31 Juli 2018 kemarin. Namun, karena ada kegiatan lain, yakni persiapan pengamanan Asian Games 2018, uji coba jadi diundur hari ini.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

"Uji coba ini bukan permanen, tapi sesuai jadwalnya," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusuf, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu, 1 Agustus 2018.

Terkait adanya hal ini, personel pun ditambah untuk disiagakan. Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa mengatakan personel itu akan ditempatkan pada 19 pintu tol yang dimaksud.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Saat penerapan satu arah di Tol Jakarta-CIkampek/ Ilustrasi.

Dia pun menjelaskan kembali kalau penutupan tidak dilakukan sepanjang hari mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB malam. Melainkan penutupan dilakukan pada saat atlet berangkat dari Wisma Atlet Kemayoran menuju Venue. Kemudian pada saat Atlet pulang dari venue menuju ke Wisma Atlet Kemayoran.

"Nanti di 19 titik itu ada petugas," ujar Royke.

Sebelumnya, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek berencana menutup sejumlah pintu tol, terutama yang dilintasi oleh atlet dan ofisial Asian Games, dari Wisma Atlet Kemayoran ke venue dan sebaliknya.

Penutupan dilakukan pada saat keberangkatan, pukul 06.00-17.00 WIB di 10 pintu tol. Kemudian, saat kepulangan pada pukul 12.00-21.00 WIB di 9 pintu tol.

Adapun 19 pintu tol yang akan ditutup terbagi dua. Pada pukul 06.00-17.00 WIB, yaitu pintu tol Ancol Barat, Jembatan Tiga 1, Angke 2, Tanjung Duren, Off Ramp RS Harapan Kita, Slipi 2, Podomoro, Rawamangun, Pedati, TMII.

Kemudian, pada pukul 12.00-21.00 WIB, yaitu pintu tol  Gedong Panjang 2, Jembatan Tiga 2, Angke 1, Jelambar 1, Slipi 1, Sunter, Jatinegara, Kebon Nanas, TMII.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya