Sebut Bawa Bom, Penumpang Pesawat Diamankan Petugas Bandara Soetta

Suasana di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Seorang penumpang Lion Air berinisial RM diamankan petugas di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa, 14 Agustus 2018. Pasalnya, pria berusia 53 tahun itu menyebutkan membawa bom saat barang bawaannya hendak diperiksa petugas di Terminal 1 bandara tersebut. 

Tidak Hanya di Rusia, Ada Deretan Jejak ISIS dalam Aksi Teror di Indonesia

RM yang merupakan aparatur sipil negara atau ASN itu diketahui merupakan penumpang maskapai Lion Air bernomor penerbangan JT 620 rute Jakarta - Tanjung Pinang. Kejadian berawal, ketika RM ditanya oleh petugas mengenai isi tas yang dibawa. 

RM kemudian menjawab bahwa dia membawa bom dan enggan menyerahkan tasnya untuk diperiksa petugas. Selanjutnya, petugas melaporkan hal itu ke Avsec. Pelaku lantas dibawa ke Posko Pengamanan Bandara.

Prajurit TNI Pasukan Perdamaian di Lebanon Masih Waspadai Bom sampai Serangan Drone

Branch Communication Manager Bandara Soetta, Haerul Anwar membenarkan peristiwa tersebut. Pihak maskapai dan bandara langsung melakukan pengecekan barang bawaan di terminal keberangkatan bandara.

"Benar, penumpang tersebut telah dimintai keterangan oleh petugas Aviation Security. Dia bilang ada bom saat petugas sedang memeriksa barang bawaannya dan beberapa penumpang lainnya mendengar ucapan itu," katanya, Selasa, 14 Agustus 2018.

Serangan Bom Israel Tewaskan Striker '114 Gol' Klub Palestina

Setelah diperiksa oleh Avsec, penumpang tersebut akhirnya diserahkan kepada petugas Kantor Otoritas Bandara Udara (Otban) Wilayah I Bandara Soetta. "Yang bersangkutan telah diserahkan kepada Otban untuk diproses lebih lanjut," ujar Haerul.

Pihak bandara pun meminta agar, masyarakat tak berulah melontarkan candaan soal bom. Sebab, menurut dia, hal itu bisa meresahkan dan membahayakan orang lain. (mus)

Bom peninggalan perang dunia ke II saat hendak diledakkan

Bom Temuan Bekas Perang Dunia II Diledakkan di Lanud Silas Papare

Pangkalan TNI Angkata Udara Lanud Silas Papare meledakkan satu unti bom peninggalan dari Perang Dunia II di Hollandian Drome Lanud Silas Papare. pada Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024