Menjajal LRT Jakarta, Rawamangun-Kelapa Gading 13 Menit

PT Light Rail Transit atau LRT Jakarta merilis foto-foto dan video ketika satu rangkaian LRT diuji dinamis di jalur Kelapa Gading, Jakarta, pada Minggu, 29 Juli 2018.
Sumber :
  • LRT Jakarta

VIVA – Rangkaian Light Rail Vehicles (LRV) itu tersedia di Stasiun Light Rail Transit atau LRT Velodrome Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu, 15 Agustus 2018. Berkelir putih dipadu merah, kereta tersebut disiapkan untuk diuji coba.

Tim Gegana Sempat Diturunkan ke TKP Kebakaran Depo LRT Kelapa Gading

Adalah PT LRT Jakarta yang melakukan uji coba fungsional secara resmi. Uji coba dilakukan dari Stasiun LRT Velodrome Rawamangun menuju Stasiun Boulevard Utara Kelapa Gading.

Kali ini, uji operasi menjalankan dua trainset atau rangkaian dengan masing-masing terdiri atas dua kereta. Penumpang mulai masuk ke dalam LRV sekitar pukul 14.55 WIB, sebelum dijadwalkan berangkat tepat pada 15.00 WIB.

LRT Jabodebek Pasang Jembatan Panjang Terakhir di Dukuh Atas

Saat hendak memasuki kereta, tampak pintu buka tutup otomatis. Masuk ke dalamnya, lantai kereta terlihat dialasi lantai kayu berwarna cokelat.

Kursi penumpang bermaterial plastik dengan warna abu-abu. Bangku didesain memanjang dan saling berhadapan. Pada salah satu sisi kaca kereta, terdapat tulisan kursi prioritas untuk penyandang disabilitas, ibu hamil, lanjut usia, dan orangtua yang membawa balita.

Lengkungan LRT Terpanjang Akan Segera Diuji Coba

Uji coba jalur LRT di Jakarta, Rabu, 15 Agustus 2018.

Rangkaian kereta berkapasitas 135 penumpang per gerbong itu mulai berjalan dengan kecepatan rendah. Pergerakan terasa cukup halus dan hampir membuat penumpang yang berdiri tidak bergoyang.

Semakin lama kereta tersebut menaikkan kecepatannya. Suara yang ditimbulkan dari pengoperasian kereta tidak menimbulkan bising. 

Meski diisi dengan sekitar 100 penumpang, kondisi di dalam kereta tak kepanasan. Sebab, pendingin udara dapat berfungsi dengan baik, sehingga membuat suasana nyaman.

Sepanjang jalan, penumpang disuguhi pemandangan Jakarta. Jalur LRT ini antara lain melewati venue Equestrian Park Pulomas. Pada venue tersebut terdapat danau yang menarik pandangan mata.

Kereta melaju dengan kecepatan rata-rata 20-40 kilometer per jam. Setiap mendekati stasiun, kereta menurunkan kecepatannya. Namun, dalam menaikkan atau menurunkan kecepatan kereta dilakukan secara halus.

LRT Jakarta akan diuji coba, Rabu, 15 Agustus 2018.

Dalam waktu sekitar 13 menit, kereta telah sampai ke tempat tujuan di Stasiun Boulevard Utara. Setelah sampai, kereta berhenti sebentar sekitar 2 menit. Kereta lantas kembali ke Stasiun Velodrome Rawamangun.

Kereta tiba kembali di Stasiun Velodrome Rawamangun pada pukul 15.27 WIB. Para penumpang terlihat puas dengan uji coba fungsional ini karena LRV mampu melaju dengan sempurna dan tanpa kendala.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya