Pembukaan Asian Games, Arus Lalu Lintas Sekitar GBK Ditutup 13 Jam

Persiapan Jelang Pembukaan Asian Games 2018 di GBK
Sumber :
  • REUTERS/Athit Perawongmetha

VIVA – Sejumlah ruas jalan di sekitar Gelora Bung Karno akan dilakukan penutupan karena ada acara pembukaan Asian Games 2018 yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo, Sabtu malam ini, 18 Agustus 2018. Penutupan tersebut diberlakukan dari pukul 10.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Titik ruas yang akan ditutup di bagian selatan di Jalan Hang Lekir, di bagian utara Pos Pol Palmerah. Kemudian, perempatan Patal Senayan, dan bagian barat terletak di Sudirman atau Pintu I Senayan.

Menurut Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa, di setiap titik penutupan memiliki sekat cadangan. Sekat cadangan tersebut terletak di persimpangan sebelumnya agar tak terjadi penumpukan kepadatan kendaraan.

Lebih dari 2 Ribu Aparat Gabungan Kawal Laga Timnas Indonesia Vs Vietnam di GBK

"Ada titik lain yang disaring. Kami alihkan dulu di penyaringan itu, jadi sisanya tidak terlalu banyak saat sampai di sekatan utama," Royke di Jakarta, Sabtu 18 Agustus 2018.

Menurut Royke, untuk para undangan dan penonton telah disiapkan titik kantong parkir di sekitar GBK. Dari kantong parkir tersebut disediakan shuttle bus yang akan mengantar hingga pintu masuk GBK.

Cari Atlet Berbakat, Triathlon Buddies 2024 Bakal Diikuti 250 Peserta

"Kantong parkir kami sediakan di Senayan City, lalu dekat lapangan golf. Untuk di daerah Sudirman kami sarankan parkir di SCBD, sehingga bisa langsung menyeberang di JPO depan gerbang Panahan Senayan," katanya.

Jalur Alternatif

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengimbau kembali agar pengendara bisa menggunakan jalur alternatif saat pelaksanaan pembukaan Asian Games di GBK. Jalan Gerbang Pemuda dan Asia Afrika akan ditutup sementara saat opening ceremony Asian Games, malam ini.

Rekayasa dan pengalihan arus lalu lintas sudah disiapkan antara lain kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke Slipi. Begitupun kendaraan dari Slipi diarahkan lurus ke Semanggi, sehingga tak ada yang menuju ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

Selain itu, dari arah Bundaran Senayan diarahkan lurus ke arah Semanggi. Hal ini karena ada penutupan pintu masuk FX Sudirman atau Jalan Pintu I Senayan.

Selanjutnya, kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diluruskan ke traffic light Palmerah menuju ke arah Jalan Tentara Pelajar-Permata Hijau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya