6 Ribu Aparat Amankan Pembukaan Asian Games 2018

Semarak kembang api di Pembukaan Asian Games 2018.
Sumber :
  • REUTERS/Willy Kurniawan

VIVA - Aparat keamanan telah mempersiapkan pengamanan pada pembukaan perhelatan akbar Asian Games di kawasan Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu, 18 Agustus 2018.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

"Jumlah personel gabungan 6.281 orang, terdiri Polri, TNI dan Pemprov," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Argo merinci, para aparat keamanan tersebar di beberapa titik lokasi baik mulai dari kasawan GBK itu sendiri, jembatan penyeberangan orang (JPO) yang sekitar GBK.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

"Cara bertindak dibagi menjadi IV ring, ring I stadion GBK, ring II akses ring road, ring III akses masuk ring, ring IV di luar kawasan GBK, Jalan Jend Sudirman Jalan Asia Afrika," ujarnya.

Kemudian, dari panitia Asian Games pun telah menyediakan rumah sakit rujukan seperti Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Sejumlah ruas jalan di sekitar Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta ditutup sejak Sabtu pagi 18 Agustus 2018. Penutupan ini dilakukan demi kelancaran arus lalu lintas saat pembukaan acara Asian Games 2018.

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa, mengatakan kendaraan pribadi milik warga tidak diperkenankan memasuki jalan yang terkena penutupan tersebut. Bagi masyarakat yang ingin menonton ke kawasan GBK, Royke mengimbau agar menaiki kendaraan umum.

"Kami mengimbau masyarakat yang berlalu-lalang ke GBK agar naik angkutan umum, berjalan kaki atau bisa juga diantar teman karena cari parkir susah malah akan memacetkan lalu lintas," kata Royke.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya