Anies Sebut Bantuan untuk Lombok Tak Kalah Penting dari Politik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas bantuan untuk korban gempa Lombok
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fikri Halim

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menegaskan, bantuan untuk korban bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan persoalan bangsa yang tak kalah penting dari persoalan politik. 

Tim Hukum Anies-Cak Imin Optimis Gugatan Soal Hasil Pilpres 2024 di MK Bisa Dikabulkan

Hal itu disampaikan Anies saat melepas keberangkatan 20 truk bantuan logistik untuk korban gempa Lombok, Minggu, 19 Agustus 2018. 

Anies menilai, jumlah bantuan seberat 212 ton logistik yang dikirimkan itu belum cukup menyelesaikan permasalahan di Lombok.  "Ini tak kalah pentingnya dari persoalan politik, tak kalah pentingnya dari persoalan ekonomi, ini persoalan bangsa," kata Anies di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta.

Surya Paloh Restui Anies Baswedan Maju di Pilkada DKI 2024, Begini Respons PKB

Menurut dia,  upaya rehabilitasi dan rekonstruksi di Lombok tersebut harus direspons secara bersama. Ia pun mengimbau agar seluruh warga Indonesia dapat turut serta membantu korban bencana alam di Lombok. 

"Saya mengundang semua warga Indonesia juga secara perusahaan mari kita ringankan apa yang dialami oleh warga lombok.  Insya Allah ini bukan akhir dari dukungan kita, recovery rekontruksi itu masih panjang," ujarnya. 

KPU: Tambahan Alat Bukti dari Kubu Anies dan Ganjar Tidak Sesuai Fakta

Ia menambahkan, Indonesia memang ditakdirkan dengan kondisi alam yang sering ditimpa bencana. Namun, Indonesia tetap dapat bangkit setelah melewati ujian tersebut. 

"Bangsa kita ditakdirkan untuk tabah dan tangguh. Orang Lombok adalah orang yang tangguh. Allah pun berjanji bahwa tidak akan memberikan cobaan yang tidak mampu ditanggung oleh umatnya," ujarnya. 

212 Ton Logistik

Hari ini, Anies melepas keberangkatan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana gempa bumi di Lombok, NTB. Bantuan ini merupakan kerja sama Pemprov DKI Jakarta dengan organisasi kemanusiaan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan sejumlah pihak pendukung atau sponsor. 

Sebanyak 20 truk bantuan yang diberangkatkan ke Lombok mengangkut sebanyak 212 ton logistik. Truk logistik itu berisi berbagai kebutuhan pokok, misalnya beras, minyak goreng, selimut, susu, tenda dan makanan ringan lainnya. 

Dalam sambutannya, Anies mengatakan bahwa bantuan tersebut berasal dari warga Jakarta untuk masyarakat Lombok. Meskipun jauh, menurut dia, warga Jakarta juga sangat peduli dengan bencana di Lombok. 

"Alhamdulillah kita saksikan hari ini ada 20 truk yang membawa lebih dari 212 ton kebutuhan pokok. Ini (bantuan) dari warga Jakarta yang dikumpulkan melalui ACT," kata Anies. 

Presiden ACT Ahyudin memperkirakan 20 truk yang diberangkatkan itu akan tiba dalam waktu 3 hari ke depan. 

"Insya Allah, setibanya di Lombok, truk langsung menuju posko logistik kami yang akan menyuplai logistik ke sejumlah titik pengungsian di Lombok," ujar Ahyudin. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya