191 RW Ekonomi Rendah di DKI Bakal Dapat Daging Kurban Siap Saji 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menerima sapi kiriman dari Sumbawa.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – Ratusan ekor sapi dari Sumbawa datang ke Pelabuhan Tanjung Priok pada hari ini, Minggu 19 Agustus 2018. Sapi kurban tersebut akan disalurkan kepada masyarakat berekonomi rendah di sejumlah Rukun Warga atau RW di Provinsi DKI Jakarta. 

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Rosan: Mari Bersatu Wujudkan Indonesia Emas

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan memantau langsung kedatangan sapi tersebut. Ia mengatakan, program ini merupakan lanjutan kerja sama Pemprov DKI dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) pada bulan Ramadan lalu. 

Program ini, menurutnya, juga berbeda dari perayaan Idul Adha yang biasanya hanya memberikan daging sapi mentah kepada masyarakat dengan ekonomi rendah. Sebab, dengan program Dapur Qurban ini akan disiapkan daging siap saji kepada masyarakat. 

Gibran: Terima Kasih Pak Ganjar dan Pak Anies

"Program ini bukan hanya bahan mentahnya, tetapi sudah langsung siap untuk disajikan. Jadi, pada saat nanti warga merayakan Idul Adha, mereka bukan menerima lagi daging mentah, tetapi mereka akan menerima makanan siap saji," kata Anies di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu 19 Agustus 2018. 

Daging sapi siap saji itu, lanjut dia, diperoleh dari pemotongan sebanyak 303 ekor sapi yang baru saja diterima tersebut. Namun, sebetulnya sebanyak 100 sapi kurban tersebut juga diberikan ke Lombok, dengan atas nama warga Jakarta. 

Usai Kalah Sengketa Pilpres di MK, Cak Imin: Koalisi Perubahan Sudah Selesai

"Sapi yang dikirimkan itu dibagi dua, Sebagian itu memang digunakan di Jakarta, tetapi juga ada 100 ekor langsung dari Sumbawa dikirim ke Lombok, sehingga warga di Lombok bisa mendapatkan. Sehingga, jauh lebih efisien dari Sumbawa ke Lombok daripada ke Jakarta dulu, meskipun itu diberikan atas nama Jakarta untuk Lombok," katanya. 

Sementara itu, Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ahyudin mengatakan, 303 ekor sapi itu merupakan amanah dari masyarakat Jakarta yang berkurban melalui Global Qurban ACT yang kemudian dikerjasamakan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

"Kemudian, ACT bekerja sama dengan Pemprov DKI untuk mempersembahkan kurban kepada warga DKI ke 191 RW, yang berekonomi rendah di DKI. Itu nanti akan didistribusikan ke seluruh masyarakat di 191 RW di DKI Jakarta," ujarnya. 

Ahyudin juga berharap, langkah ini bisa menjadi inspirasi bagi semua pihak bahwa Idul Adha semestinya menjadi momen, di mana seluruh masyarakat bahagia dengan menyantap makanan terbaik.

Selain itu, dia menyatakan, terima kasih kepada para donatur dan mitra yang terus mendukung program kebaikan ini.

"Alhamdulillah, rencana ini terwujud hari ini sudah diserahterimakan 300 ekor sapi untuk warga DKI di 191 RW dengan ekonomi terendah kepada bapak Gubernur DKI Jakarta dan berikutnya akan ada lanjutan relawan bekerja untuk memastikan bahwa dapur kurban bisa bahagiakan warga Jakarta, khususnya warga Jakarta dengan ekonomi rendah," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya