Asian Games Mulai, Jasa Marga Terapkan Buka Tutup Jalan Tol 

Simulasi penutupan 19 pintu tol saat pelaksanaan Asian Games 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Gelaran Asian Games 2018, resmi dibuka mulai 18 Agustus 2018. Sebagai tuan rumah, Indonesia menyiapkan sejumlah kebijakan untuk menyukseskan acara tersebut. 

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

PT Jasa Marga Tbk, selaku salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di jalan tol, mengimplementasikan sejumlah paket kebijakan jalan tol sebagai bentuk dukungan terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Implementasi paket kebijakan tersebut mencakup manajemen lalu lintas, memberikan prioritas di GT (Gerbang Tol) hingga beautifikasi jalan tol," ujar AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru, seperti dikutip dalam keterangannya, Minggu 19 Agustus 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Ia menjelaskan, rekayasa lalu lintas ini dilakukan, guna menjamin kelancaran perjalanan rombongan Asian Games, saat melintas di jalan tol melalui koordinasi dengan pihak Kepolisian, Kementerian Perhubungan, dan Dinas Perhubungan setempat.

"Maka dilakukan manajemen lalu lintas, prioritas lalu lintas di lajur utama jalan tol dan Gerbang Tol," ujarnya. 

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Heru menjelaskan, buka atau tutup GT prioritas dan akses masuk jalan tol dilakukan sesuai kebutuhan yang antara lain adalah di Tol Ruas Dalam Kota, yaitu GT Angke 2, GT Tanjung Duren, off ramp RS Harapan Kita, GT Slipi 2, GT Slipi 1, GT Jelambar 1, GT Angke 1. 

Kemudian, tol yang juga diterapkan kebijakan itu adalah Tol Ruas Jagorawi (on ramp TMII arah Bogor, GT TMII 2), Tol Ruas Jakata-Cikampek (GT Cikampek), Ruas Tol Cipularang (GT Sadang).

"Kami juga menyediakan lajur khusus di jalan tol, untuk rombongan Asian Games," ujarnya. 

Selain itu, dia mengatakan, pihaknya juga memberikan prioritas GT yang dilintasi, antara lain Tol Ruas Dalam Kota dan Soedijatmo (GT Senayan, GT Cengkareng), Tol Ruas Jagorawi (GT TMII, GT Cibubur, GT Sentul Selatan, GT Ciawi), Tol Ruas Jakarta-Cikampek (GT Bekasi Barat, GT Cibatu), Tol Ruas Cipularang-Padaleunyi (GT Pasteur, GT Pasir Koja, GT Buah Batu), dan Tol Ruas Palikanci (GT Plumbon).

"Penyampaian informasi dalam rangka menyambut rombongan atlet Asian Games, juga ditampilkan melalui VMS yang ada di jalan tol," katanya. 

Selain buka-tutup GT, Jasa Marga juga melakukan beautifikasi pada beberapa gerbang tol untuk memeriahkan Asian Games.  Beautifikasi jalan tol dilakukan pada Jalan Tol Ruas Dalam Kota, Soedijatmo, Jakarta-Cikampek (GT Bekasi Barat), dan Padaleunyi (GT Pasteur). 

Lingkup pekerjaan beautifikasi dalam rangka menyambut Asian Games 2018 sendiri mencakup pemasangan branding Asian Games (3D Pictogram/Sticker/Banner Asian Games) pada Gerbang Tol, JPO dan area wilayah jalan tol, peningkatan estetika di Gerbang Tol, Overpass dan flyover, pembersihan rambu, pengecatan marka jalan, guardrail, pagar, parapet dan kanstin, landscape, dan penataan area pemukiman kumuh di koridor jalan tol hingga perapihan kabel-kabel utilitas.

Tak hanya itu, Jasa Marga juga melakukan pemeliharaan berbagai ruas jalan tol, seperti Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Cengkareng dan Jalan Tol Jagorawi. Ruas tol ini menjadi salah satu jalur lalu lintas para atlet pada Asian Games XVIII.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya