Ini Buka Tutup Jalan di Sekitar GBK karena Asian Games

Polisi menutup jalan sekitar GBK.
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya

VIVA – Pengalihan arus kendaraan dilakukan menuju ke Stadion Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai tanggal 19 Agustus hingga 1 September 2018 mendatang, karena Asian Games 2018 dimulai.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Namun, para pengendara tak usah khawatir, karena pengalihan arus di sekitar kompleks GBK bersifat situasional. Hal itu dilakukan, menyesuaikan jadwal atlet yang bertanding di sejumlah venue di GBK.

"Situasional, dilihat dari jadwal pertandingan," kata Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto, saat dikonfirmasi VIVA, Minggu 19 Agustus 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Hanya kendaraan dengan stiker khusus dan kendaraan official pengangkut atlet bertanding yang bebas malang melintang di sana.

Sementara itu, menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusuf, sistem buka-tutup yang diberlakukan di kawasan GBK tersebut, adalah pada lajur kiri Jalan Pemuda di dekat area GBK.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Untuk Jalan Pemuda di depan Kantor TVRI dan Jalan Asia Afrika tetap dibuka normal selama pelaksanaan Asian Games 2018. Yusuf menyebut, tak ada kemacetan parah akibat penutupan jalan selama acara pembukaan Asian Games di GBK kemarin.

"Kemarin ditutup total, tetapi untuk pelaksanaannya setiap hari hanya sebagian saja. Kalau kita melihat dari Gatot Subroto ke kiri, itu ditutup. Dialihkan arusnya. Kalau di jalur kanan yang depan TVRI itu dibuka enggak masalah. Termasuk, yang di jalan Asia-Afrika. Jadi, yang dekat GBK lah yang ditutup. Kalau yang di kanannya enggak (ditutup)," kata Yusuf.

Berikut, rute alternatif apabila sejumlah jalan menuju GBK dibuka-tutup imbas Asian Games 2018:


- Fly Over Senayan  

1. Kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi

2. Kendaraan dari arah traffic light Lapangan Tembak diarahkan lurus naik fly over atau belok kiri ke arah Slipi, tidak ada yang memutar di bawah fly over Skat 2.

3. Kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju ke arah Jalan Gerbang Pemuda.


Pintu FX Sudirman - Jalan Pintu I Senayan

1. Penutupan Pintu FX Sudirman / Jalan Pintu I Senayan.

2. Kendaraan dari arah Bunduran Senayan diarahkan lurus ke arah Semanggi.

3. Pintu masuk FX Sudirman yang melalui Jalan Jend Sudirman dibuka untuk keluar masuk kendaraan dan pintu keluar yang melalui Jalan Pintu Satu Senayan ditutup.


Traffic Light Lapangan Tembak

1. Arus dari Jalan Gelora menuju Lapangan Tembak di belokan ke kiri menuju Jalan Gerbang Pemuda dan selanjutnya menuju flyover Skat 2.

2. Kendaraan dari arah Traffic Light Asia Afrika diarahkan lurus ke jalan Gelora atau belok kanan menuju fly over Skat 2.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya