Polda Metro Masih Telusuri Oknum Polantas Penyerobot Tol Senayan

Ilustrasi pintu tol Senayan.
Sumber :
  • ANTARA/Rivan Awal Lingga

VIVA – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya belum mengetahui identitas terduga oknum polisi lalu lintas yang dengan sepeda motor yang menyerobot masuk pintu tol Senayan. Dirlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusuf mengatakan pihaknya masih mencari identitas oknum polantas tersebut.

Kronologi Oknum Polisi Pangkat Aiptu Tembak Debt Collector, Nunggak Cicilan Mobil 2 Tahun

Menurut dia, kejadian penyerobotan pintu tol mengingat kejadian terjadi pada Minggu pagi 2 September 2018 atau saat saat hari penutupan Asian Games 2018.

"Kan kita juga lagi tugas juga, kan itu tanggal dua masih ada acara penutupan malamnya," kata Yusuf di Markas Polda Metro Jaya, Rabu 5 September 2018.

Sosok Aiptu FN, Oknum Polisi yang Tembak Hingga Bacok 2 Debt Colector di Palembang

Yusuf menambahkan, anggota polantas dengan kendaraan dinas bisa masuk ke dalam jalan tol baik itu mobil atau motor jika tidak mengawal. Namun, asalkan kebutuhannya jelas seperti untuk melakukan patroli.

"Jadi jangan disalahartikan harus ngawal, tidak. Patroli boleh menertibkan (yang) di bahu-bahu jalan," ujar Yusuf.

Ngeri, Oknum Polisi Tembak Hingga Bacok Dua Debt Colector di Palembang

Menurut dia, berdasarkan yang diketahuinya, polantas tak ada masalah. Apalagi bila ada kecelakaan dalam tol.

"Karena kita kan di BKO kan ke sana juga ada. PJR semua. Apalagi ada kecelakaan, kita datang ke sana boleh. Tidak ada masalah. Tidak harus ngawal," katanya lagi.

Terkait penyerobotan, jika benar oknum tersebut adalah polantas yang tengah bertugas mengawal kegiatan Asian Games 2018, ia sangat menyesalinya. Begitupun perbuatan itu bila dilakukan lantaran si polantas lelah dan ingin buru-buru istirahat, Yusuf lebih menyayangkan lagi hal tersebut.

"Makanya yang kemarin, setelah kegiatan kemarin. Saya bilang kalau mau izin sehari atau dua hari tidak apa-apalah. Istirahat," katanya menyudahi.

Sebelumnya, sebuah video menunjukkan seorang oknum polisi menggunakan sepeda motor besar menyerobot masuk pintu tol viral di media sosial. Video berdurasi 22 detik tersebut diunggah oleh seorang pria bernama Agus (44) dalam akun Facebook @Zenrin Zen.

Menurut dia, kejadian itu terjadi di Gerbang Tol Senayan, Minggu 2 September 2018. Saat kejadian, Agus mengaku hendak menuju rumahnya di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, sekitar pukul 05.54 WIB.

Di depan pintu tol, ia melakukan tap kartu ke mesin gerbang tol otomatis (GTO) untuk masuk ke jalan tol.

"Saya habis ngedrop (mengantar) istri saya yang mau CFD (car free day) di depan CIMB Niaga itu. Saya pulang dan lewat jalan tol itu. Saya selesai tap malah dia (polisi) masuk jalan tol. Palang jadinya tertutup dan saya harus tap lagi," kata Agus saat dikonfirmasi wartawan, Selasa, 4 September 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya