Ketua DPRD Sewot Anies Sindir Ahok

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad

VIVA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi membantah pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyebutkan pencemaran kali terjadi pada masa kepemimpinan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

Terbuka untuk Bertemu, Anies Sebut Prabowo Bukan Musuh tapi Lawan

“Ya enggak bisalah ngomong begitu, kita lihat lah pergerakan pembangunan di bawah tuh semua terlihat. Kalau dibilang belum sempurna, ya mungkin ada yang kurang. Tapi kan kalau kebijakan yang baik diteruskan akhirnya jalan itu, jangan asal beda ya,” ujar Prasetyo di Balai Kota Jakarta, Rabu malam, 12 September 2018.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini menyarankan kepada pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan pengerukan kali, salah satunya di Kali Item yang dekat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

PKS Berterima Kasih kepada Anies-Cak Imin dan Merasa Bangga Jadi Koalisi Perubahan

Mengingat, saat ini masih musim kemarau, dan proses pengerukan kali pun mudah dan dinilai lebih efektif ketimbang pada musim penghujan.

"Kali Item itu airnya belum jalan, tinggal dikeruk, didalami, mumpung hujannya belum turun," katanya.

Presiden PKS: Saatnya Pak Anies Mendukung Kader PKS untuk Maju di Pilkada DKI

Sebelumnya, Gubenur Anies menjelaskan selama beberapa tahun ini kondisi kualitas air sungai di DKI Jakarta, dari 2014 sampai 2017, memang mengalami perubahan cukup signifikan. "Sungai yang tercemar ringan dari 23 persen turun menjadi 12 persen," katanya.

Sedangkan sungai yang tercemar sedang turun dari 44 persen tahun 2014 menjadi 17 persen di tahun 2017. Kemudian, sungai tercemar berat dari 32 persen menjadi 61 persen.

"Jadi yang sedang dan ringan itu menjadi berat, bukan turun lalu hilang. Jadi selama 2014, 2015, 2017 kita mengalami peningkatan sungai yang mengalami pencemaran berat," kata Anies. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya