Ridwan Kamil Mau Kalimalang Rasa ‘Korea’ Terwujud Akhir 2019

Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan, pada malam hari bertabur cahaya.
Sumber :
  • Dok. visitseoul.net

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menargetkan revitalisasi Sungai Kalimalang Kota Bekasi dapat dirasakan masyarakat sekitar di akhir 2019. Ia serius ingin merevitalisasi Kalimalang menjadi Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

Polisi Jaga Titik Perbatasan Jakarta Antisipasi Konvoi Malam Tahun Baru

“Desain akan selesai di 100 hari program saya, anggaran sudah disiapkan tahun depan sehingga bisa dilelang awal tahun (2019). Jadi tahun baruan warga bekasi bisa dirayakan di situ,” ujar Ridwan di Bandung, Kamis 27 September 2018.

Revitalisasi sungai yang akan menelan anggaran Rp50 miliar ini, rencananya akan menyediakan fasilitas publik ramah anak. Selain itu, ada ruang seni dan wisata sungai.

Viral Pesepeda Dijambret Pemotor di Bekasi, Korban Jatuh hingga Tersungkur

Revitalisasi dengan penyediaan empat zona itu juga akan menghidupkan kawasan sungai dengan ketersediaan fasilitas olahraga.

“Ada ruang edukasi terkait sungai, ada ruang buat perayaan kegiatan publik, ada ruang juga buat anak - anak, ada ruang buat perahu - perahuan juga, ada ruang buat seni, komunitas, ruang buat joging, ruang buat pengendalian air,” lanjut Ridwan.

Pemudik Motor Masih Sepi, Diperkirakan Mulai Besok Sudah Ramai

Pria yang akrab disapa Emil ini memastikan revitalisasi tersebut tak mengganggu fungsi sungai yang merupakan aliran air PDAM untuk kebutuhan warga DKI Jakarta itu.

“Itu bagus, karena Kalimalang ini bukan sungai, tapi saluran irigasi sumber air minumnya orang Jakarta dari Jatiluhur. Jadi artinya tidak pernah banjir, karena volumenya selalu diatur secara engineering,” kata mantan Wali Kota Bandung itu. (ren)

Pemudik motor memadati jalur Bekasi arah Karawang-Cikampek

Pemudik Motor Arah Pantura Mulai Padati Jalur Kalimalang, Polisi Wanti-wanti Barang Bawaan

 Ribuan pemudik yang menggunakan mulai memasuki jalur Kalimalang menuju pantai utara, Jumat malam 5 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024