Setahun Memimpin Jakarta, Anies Bersyukur Janji Mulai Dilaksanakan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • Irwandi Arsyad

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sangat bersyukur atas pencapaian yang diraih serta bisa menunaikan sebagian dari janji-janji kampanyenya, selama setahun memimpin DKI Jakarta. 

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

"Alhamdulillah sebagian sudah mulai kita laksanakan," kata Anies di kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Oktober 2018.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan, program yang menjadi janji kampanye akan semakin tercermin di tahun anggaran 2019. Hal itu karena pada tahun pertama, semua janji kerja ditargetkan masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM) Provinsi DKI Jakarta sehingga bisa mendapatkan alokasi anggaran.

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

"Anggaran-anggaran untuk 2019 sudah mulai mencerminkan rencana kami karena target di tahun pertama adalah memasukkan janji-janji ke dalam rencana pembangunan jangka menengah," ujar Anies. 

Dia menambahkan, "Dengan dimasukkan dalam RPJMD dan diputuskan maka janji itu bisa diberikan alokasi anggaran. Kalau tidak masuk RPJMD, kami tidak bisa mengalokasikan dan itu adalah tantangan terbesar di tahun pertama."

Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran di KPU, Anies Ungkit Pilpres 2024 Banyak Catatan

Anies mengatakan, sejumlah janji kampanye dimasukkan ke dalam rencana kerja dengan anggaran 2019. Mantan Rektor Universitas Paramadina ini mencontohkan, untuk Program DP 0 Rupiah baru bisa dimasukkan ke dalam APBD Perubahan tahun anggaran 2018.

Menurut Anies, semua pondasi untuk menunaikan janji-janji selama kampanye Pilkada DKI Jakarta sudah siap. Tahun kedua dan ketiga kepemimpinannya akan lebih banyak lagi janji-janji yang bisa ditunaikan.

"Jadi itu tahap demi tahap yang kami lakukan dan alhamdulillah kami bersyukur atas perjalanan setahun ini. Insya Allah pondasi-pondasinya sudah siap tinggal meneruskan tahun kedua, ketiga, keempat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya