Tanah Ambles di Tangerang, Rumah Warga Rusak Parah

Warga menunjukkan dinding rumah retak akibat tanah ambles di Tangerang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Dua rumah  di Kampung Kadusirung, RT 04/01, Kelurahan Kadusirung, Kecamatan Pagedangan, Tangerang mengalami kerusakan parah setelah tanah di sekitarnya mendadak ambles sedalam dua meter.

Ditangkap Densus, Status PNS di Kabupaten Tangerang Tersangka Teroris

Kerusakan terparah terjadi pada rumah milik Saenih (40). Rumah bercat merah muda ini mengalami keretakan di dinding ruang tamu sepanjang 2,5 meter dengan lebar 15 sentimeter. Tak sampai di situ, permukaan lantai rumah pun naik sekitar lima meter.

Akibatnya, Eni, sapaan Saenih, bersama empat anggota keluarganya yang lain harus mengungsi ke rumah tetangga untuk sementara. "Saya memilih mengungsi dulu, karena saya juga takut kalau rumah saya ini mendadak roboh, soalnya retak begitu. Paling parah retak yang di ruang tamu, ada juga di beberapa dinding lainnya seperti di dapur sama kamar mandi tapi tidak parah," katanya, Selasa, 16 Oktober 2018.

PNS di Kabupaten Tangerang Ditangkap Densus 88

Saat kejadian tersebut, Eni tak berada di dalam rumah. Kondisi rumah tengah tidak berpenghuni. Ketika ia pulang kerja, tetangga memberi tahu soal rumahnya yang retak. "Pas cek kan bener ada retak gitu terus saya langsung ke rumah tetangga, sambil beresin barang-barang buat di kardus terus saya langsung pergi ngungsi," ujarnya menambahkan.

Tanah yang ambles tersebut diketahui terdapat di tiga titik, dengan jarak hanya 4 meter. Untuk titik ambles yang pertama memiliki panjang 6 meter, lebar 1 meter dan kedalaman 2 meter. 

Truk Muatan Migor Terguling di Tangerang, Polisi: Tak Ada Penjarahan

Selanjutnya, di titik kedua dengan jarak hanya dua meter dari lokasi pertama, tanah ambles memiliki panjang 7 meter dengan lebar 30 sentimeter dan kedalaman 1 meter. Sedangkan, titik ketiga memiliki panjang 10 meter, dengan lebar 1 meter dan ambles  2 meter.

Saat ini, pemerintah daerah tengah melakukan pemadatan tanah dengan cara melakukan pengaspalan. Sedangkan untuk rumah yang mengalami retak diminta untuk ditinggalkan sementara waktu selagi proses perbaikan. (mus)

Ilustrasi personel Densus 88.

Pemkab Tangerang Benarkan PNS Mereka Ditangkap Densus

Keseharian dari PNS yang ditangkap Densus 88 tersebut, adalah biasa saja. Selama mengabdi di Pemkab Tangerang, dia bisa bekerja dengan baik.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022