Tilang ETLE, Kamera CCTV Dishub DKI Akan Dikoneksikan dengan Polisi

Uji Coba E-Tilang
Sumber :
  • ANTARA Foto/Didik Suhartono

VIVA – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan meminta bantuan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membeli beberapa kamera Closed Circuit Television (CCTV). Hal ini untuk perluasan penerapan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Ibu Kota.

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

"Pemprov DKI Jakarta bantu dari kita sendiri juga ada anggarannya," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusuf saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu 27 Oktober 2018.

Dia menjelaskan, sejauh ini baru ada empat kamera asal China di kawasan Sudirman-Thamrin. Penerapan empat kamera ini tepatnya di persimpangan Patung Kuda Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda Indosat dan persimpangan Sarinah. Penambahan kamera baru rencananya akan dilakukan tahun depan setelah evaluasi penindakan selesai.

Arus balik di Padalarang Diprediksi sampai 15 April Kuantitas Lebih Besar dibanding Arus Mudik

Penindakan pasca uji coba diketahui akan dimulai Kamis, 1 November 2018. Sementara itu, dari awal hingga akhir Oktober hanya uji coba. "Pengadaan tahun depan," ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko menambahkan, guna membantu penerapan sistem tilang E-TLE, pihaknya akan mengintegrasikan kamera CCTV TMC Polda Metro Jaya dengan kamera CCTV milik Pemprov DKI Jakarta.

Polisi Pastikan Tak Ada Kemacetan di Aceh Meskipun Lokasi Wisata Penuh

Diharapkan kamera CCTV milik pihaknya bisa membantu perluasan penerapan E-TLE yang rencananya dilakukan tahun depan.

"Jadi seluruh CCTV yang dimiliki Dishub bisa terkoneksi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya. Dishub punya ratusan CCTV yang ada di DKI, ini koneksi dengan Dinas Kominfo," ujar Sigit.

Aturan Ganjil-Genap Jalan Tol

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Polisi mencatat jumlah pelanggar aturan ganjil genap (gage) selama mudik lebaran cukup tinggi dan telah dikenai tilang elektronik. Bagi Anda yang kena, segera mengurusnya

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024