Anies: 40% Warga Jakarta Tak Punya Hunian 

Gubernur Anies Baswedan saat membuka Festival Pesona Lokal Jakarta di GBK, Minggu 11 November 2018.
Sumber :
  • VIVA/Shalli Syartiqa

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, bahwa warga Ibu Kota yang baru memiliki rumah sendiri baru setengahnya dan sisanya warga masih ngontrak. 

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

"Di Jakarta memang unik karena di Jakarta ada 51,7 persen warga yang punya rumah tinggal tapi ada 40 persen lebih yang tidak punya hunian," ujar Anies Baswedan di Jakarta, Minggu, 11 November 2018. 

Maka dengan program pengadaan  perumahan DP nol rupiah ini sangat membantu warga Jakarta memiliki hunian, apalagi saat ini program Anies DP nol rupiah ini mendapatkan respons positif.   

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

"Pemerintah pusat saja mencanangkan program perumahan tanpa DP. Ini menunjukkan memang ada kebutuhan," katanya. 

Mantan Rektor Universitas Paramadina Jakarta menuturkan, bahwa saat ini banyak masyarakat mampu menyicil bulanan perumahan namun kesulitan untuk menyiapkan uang DP dalam mengambil rumah tersebut. 

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

"Jadi ketika DP ditiadakan terasa sebagai solusi, jadi saya terasa sekali bahwa sekarang manfaat program DP nol rupiah untuk warga Jakarta tapi juga seluruh warga Indonesia," ujarnya. 

Seperti diketahui, pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo menyiapkan rumah dengan uang muka atau down payment (DP) nol persen.

Namun program khusus ini hanya diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara, TNI dan Polri. Rumah yang akan dibangun untuk ASN berjumlah 945 ribu, 275 ribu bagi prajurit TNI, dan 360 ribu anggota Polri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya