Anies Sebut DKI Mulai Atasi Polusi Air di Kali Sentiong

Kali Item di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • Adinda Purnama

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air telah mencabut waring yang berada di Kali Sentiong, Kemayoran, Jakarta Pusat. Sebelumnya, Kali Sentiong atau Kali Item sengaja dipasang jaring tipis berwarna hitam agar tidak terlihat kotor saat perhelatan Asian Games 2018.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menegaskan bahwa sejak awal sudah disampaikan kalau pemasangan jaring hanya solusi sementara, untuk menghadapi ajang Asian Games 2018. Upaya itu agar para kontingen nyaman dan tidak menghirup aroma yang tidak sedap dari kali yang kotor.

“Kan memang kemarin itu sebetulnya solusi sementara, karena kita menghadapi Asian Games. Masalah polusi di sungai tidak bisa diselesaikan dengan waring, kemarin itu menyelesaikan aroma, bukan menyelesaikan polusi airnya," kata Anies di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat, 16 November 2018.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Dijelaskan oleh Anies, Pemprov DKI saat ini sedang melakukan antisipasi banjir dengan membangun dinding turap di Kali Sentiong. Ia juga menegaskan jika pihaknya sedang melakukan langkah jangka panjang untuk mengurangi polusi air di kali yang melintasi kawasan di pusat kota itu.

“Yang dilakukan itu sumber-sumber polutannya yang harus dikelola. Jadi jangan dijadikan sungai itu sebagai tempat pembuangan sisa-sisa kegiatan produksi, sisa bikin tahu, tempe, ampasnya dibuang ke sungai. Atau begitu hujan, barang besar yang sulit dibuang, dilemparnya ke sungai karena repot," katanya.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Karena itu, saat ini sedang disiapkan solusi untuk menangani polusi karena air kali yang kotor. Harapannya, warga tidak mencium aroma yang tidak sedap karena air kali sudah bersih.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Pemprov DKI Jakarta, Teguh Hendrawan mengatakan, pembangunan sheet pile untuk sisi kanan dan sisi kiri Kali Sentiong telah dilakukan. Dia memastikan bahwa kontrak pelaksanaan sudah mulai jalan bertahap. Ditargetkan tahun ini harus sudah selesai.

Pembuatan dinding turap di Kali Sentiong baru sepanjang lima kilometer. Ini untuk wilayah di Kali Grogol, Palmerah, sampai Jalan Raya Kemanggisan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya