Dinas Kesehatan Sebut Gay Penyumbang Terbesar HIV di Depok

Ilustrasi AIDS
Sumber :
  • AIDS

VIVA – Dinas Kesehatan Kota Depok mencatat, penderita HIV/AIDS di kota itu mencapai 168 orang pada periode September 2018. Jumlah itu didominasi penderita dengan perilaku seks menyimpang, yakni pria pecinta sesama jenis alias gay.

Dokter Boyke Sebut Perilaku Menyimpang Homoseksual Bisa Terjadi di Dalam Sel Tahanan

Berdasarkan data Dinkes Depok, pada 2016, penderita HIV mencapai 216 orang, sedang pada 2017 sebanyak 372 orang. Sementara pada 2018, periode September ada sekira 168 orang. Penderitanya mayoritas masih di usia produktif, kisaran 20-49 tahun sebanyak 89.88 persen.

“Menurut populasi kunci, penderita paling banyak di kalangan LSL (lelaki seks lelaki) 43.4 persen, pasangan resti 8,3 persen, pengguna narkoba suntik 5,9 persen, kemudian sisanya terdapat pada pelanggan pekerja seks dan wanita pekerja seks,” kata Kepala Dinkes Kota Depok dr Novarita, Jumat, 7 Desember 2018.

Pengadilan Tinggi Dominika Batalkan Larangan Hubungan Sesama Jenis

Jumlah penderita terbanyak, katanya, adalah pasien laki-laki 83 persen dan wanita 17 persen. Angka itu diprediksi meningkat karena beberapa faktor, di antaranya tingkat kesadaran masyarakat yang cukup tinggi untuk mengecek langsung kondisi kesehatan seiring dengan bertambahnya layanan konseling dan tes HIV/AIDS.  

“Layanan konseling bertambah saat ini ada di 31 puskesmas, 4 rumah sakit. Kemudian masyarakat sudah memiliki kesadaran yang cukup baik untuk mau memeriksakan kesehatannya. Selain itu meningkatnya peran aktif dari LSM peduli HIV/AIDS dan warga peduli HIV/AIDS,” katanya.

10 Aktor BL Thailand yang Mencuri Hati Penggemar: Aslinya Bukan Gay?

Novarita tak menampik, penyumbang terbanyak penyakit ini adalah dari penyimpangan perilaku seksual atau yang biasa disebut LGBT. Biasanya, HIV penularannya adalah dari orang yang terinfeksi HIV positif ke pasangannya. “Penularannya melalui darah dan cairan kelamin,” ujarnya.

Dari jumlah yang terdata itu, mayoritas adalah warga Depok dengan jumlah estimasi mencapai 80 persen. Dinas pun mengajak peran serta aktif seluruh lapisan masyarakat untuk ikut menekan penularan virus berbahaya itu. (umi)

Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluan, Padang Pariaman, disegel warga

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluang Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman disegel oleh warga setempat, Kades dituduh hubungan sejenis

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024