Waspada, 6 Lokasi di Depok Rawan Pohon Tumbang

Pohon tumbang di Depok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mencatat, sedikitnya ada enam titik lokasi rawan pohon tumbang di kota tersebut. Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan, dinas melakukan pemangkasan pada lebih dari 100 pohon.

Satu Motor dan Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Depok

Kepala Seksi Konservasi  DLHK Kota Depok, Rizal Maulana mengatakan, enam titik pohon rawan tumbang yang terdata sementara ini meliputi, kawasan Jalan Kebahagiaan, Jalan Sentosa, Jalan Merdeka, Jalan Tanah Baru, Jalan Sawangan, dan Jalan Akses UI. 

Untuk mengantisipasi terjadinya musibah akibat pohon tumbang, pihaknya pun telah menurunkan sebanyak 15 personel yang tergabung dalam satgas pohon tumbang.

Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalan Margonda Akibat Hujan Deras

“Pohon yang dipangkas terlebih dahulu dilakukan penelitian. Jadi tidak asal ditebang. Kami lihat dulu dan dilakukan evaluasi. Di sini kami memiliki petugas yang telah berpengalaman,” katanya kepada wartawan, Selasa, 11 Desember 2018.

Sejak musim penghujan belakangan ini, DLHK mencatat sedikitnya ada sembilan pohon yang telah tumbang. Penyebabnya beragam, dari mulai kena angin kencang, usia pohon yang sudah tua, keropos, dan akar pohon yang rusak akibat galian. Biasanya, pohon jenis Angsana yang paling rawan tumbang.

BPBD Sebut 6 Pohon Tumbang di Jakarta Akibat Hujan Disertai Angin Kencang

“Kalau berapa banyak pohon rawan tumbang sulit untuk diprediksi karena terkadang pohon yang kita duga sehat dan masih usia muda ternyata kalau sudah ditakdirkan tumbang ya, akhirnya tumbang juga.”

Selain langkah antisipasi, DLHK juga menyiapkan ganti rugi bagi masyarakat yang menjadi korban pohon tumbang. “Kalau ada yang jadi korban, seperti kendaraan tertimpa pohon, bisa mengajukan ganti rugi kepada DLHK Depok,” kata Rizal.

 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya