Pohon Roboh di Jalan KSU Depok, Satu Mobil Tertimpa

Pohon tumbang di Depok, Jawa Barat.
Sumber :
  • Zahrul Darmawan/VIVA.co.id

VIVA – Sebuah pohon tumbang menimpa satu unit mobil di Jalan KSU, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat pada Senin sore, 11 Desember 2018. Akibat kejadian itu, arus lalu lintas di sekitar lokasi kejadian macet sepanjang lebih dari dua kilometer.

Tertimpa Pohon Tumbang di Tangsel, Pengendara Wanita Terluka

Irwan, salah satu saksi mata mengungkapkan, peristiwa robohnya pohon terjadi sekira pukul 17.46 WIB. Saat itu wilayah Depok sedang dilanda hujan yang cukup deras. 

“Sebelum kejadian ini, warga sempat dengar bunyi kretek. Tapi enggak menyangka kalau bakal tumbang,” katanya pada wartawan.

Pohon Besar di Kebayoran Baru Tumbang Timpa Fortuner Hingga Ringsek

Pohon jenis Akasia yang diperkirakan berusia puluhan tahun dengan panjang lebih dari lima meter itu tumbang menimpa satu unit mobil sedan, milik Darmanto, warga di sekitar lokasi kejadian. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. 

“Korban jiwa Alhamdulillah enggak ada. Cuma menimpa mobilnya pak Darmanto. Mobilnya diparkir di depan rumah, rusak. Kacanya pada hancur,” katanya.       
          
Hingga berita ini diturunkan, sejumlah petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dibantu sejumlah warga sedang berusaha memotong pohon dan mengevakuasi mobil yang tertimpa. Sementara itu, badan pohon yang menutupi jalan membuat arus lalu lintas tidak dapat dilalui kendaraan.

Hujan Deras Semalam, Banjir dan Pohon Tumbang Landa Depok dan Tangerang

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mencatat, sedikitnya ada enam titik lokasi pohon rawan tumbang di kota tersebut. Dan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan, DLHK pun terpaksa melakukan pemangkasan pada lebih dari 100 pohon.

Sejak musim penghujan belakangan ini, DLHK mencatat sedikitnya ada sembilan pohon yang telah tumbang. Penyebabnya pun beragam, dari mulai kena angin kencang, usia pohon yang sudah tua, keropos, dan akar pohon yang rusak akibat galian. Biasanya, pohon jenis Angsana yang paling rawan tumbang.
 

Mobil Datsun ringsek usai tertimpa pohon imbas hujan dan angin di Semarang

Datsun Remuk Tertimpa Pohon Tumbang di Semarang, Sopir Terjepit

Pohon tumbang berada di tengah jalan dan menimpa sebuah mobil yang sedang melintas di Tanah Putih Semarang

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2024